Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Kecerdasan naturalis (Naturalist Intelligence) merupakan salah satu kecerdasan atau kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengenali, memahami, melihat perbedaan, menggolongkan, dan mengkategorikan apa yang ia lihat atau jumpai di alam atau lingkungan sekitarnya.

Sementara itu, menurut tokoh pendidikan dan psikolog terkenal, Howard Gardner, kecerdasan naturalis adalah kemampuan mengenali, melihat perbedaan, menggolongkan, dan mengkategorikan apa yang dilihat atau dijumpai di alam atau di lingkungannya.

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini memiliki kemampuan mengenali pola, menangkap persepsi sensor melalui seluruh panca inderanya, juga melakukan pemisahan dan pengklasifikasian objek tertentu.

Baca juga: 5 Ciri Kamu Termasuk Orang Cerdas, Bukan Hanya Dilihat dari IQ

Dengan kecerdasan yang dimilikinya ini, seseorang akan menjadi lebih peka terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya dan mampu mengidentifikasi tanda-tanda alam yang terjadi di lingkungannya.

Berikut sejumlah tanda kamu memiliki kecerdasan naturalis, dirangkum dari laman Gramedia.com:

1. Peduli dengan alam sekitar dan merasa terhubung

Memiliki kepekaan terhadap lingkungan dan bahkan mampu menemukan sesuatu yang tidak diamati oleh orang lain. Misalnya, kagum karena menemukan semut yang berbaris, padahal orang lain belum tentu memperhatikan bahwa ada semut di tempat tersebut.

2. Bisa mengenali jenis jenis flora dan fauna

Mampu mengamati perbedaan dan persamaan yang terdapat pada tumbuhan atau hewan yang ada di sekitar. Misalnya, mampu menjelaskan perbedaan bentuk sarang semut dan cara berkelompoknya.

3. Menyayangi binatang

Memelihara binatang dan merawat tumbuhan. Mempunyai sikap kasih sayang pada hewan yang terluka. Mencari tahu semua informasi yang berhubungan dengan hewan yang disukai.

Baca juga: 6 Tanda Anak Cerdas Secara Emosional dan Cara Mengoptimalkannya

4. Selalu haus akan ilmu tentang alam

Seseorang yang memiliki kecerdasan naturalis ini akan banyak berbicara tentang fenomena alam.

Buku yang dibacanya atau pengetahuan yang dicarinya seputar peristiwa alam atau hal lain yang terkait dengan lingkungan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber Gramedia
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+