Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majalah Mata Air Gelar Lomba Literasi Sirah Nabi "Semua Membacanya"

Kompas.com - 15/10/2022, 20:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memperingati Maulid Nabi Muhammad, Majalah Mata Air kembali menggelar lomba literasi sirah nabi “Semua Membacanya, Semua Membaca Kehidupan Rasulullah”.

Setelah pada tahun 2020 dan 2021 berhasil menarik perhatian ribuan masyarakat Indonesia baik di dalam negeri maupun diasporanya di seluruh dunia, lomba literasi sirah nabi di tahun 2022 ini memberikan tantangan baru kepada para pesertanya.

Pada penyelenggaraan di tahun 2020 dan 2021, literasi sirah nabi berfokus pada tahapan membaca.

Lomba bertujuan supaya para peserta mencapai kompetensi membaca, menerima informasi, dan memahami pengetahuan faktual melalui aktivitas membaca, mengamati, dan menyimak seminarseminar yang diselenggarakan panitia.

Pada tahun 2022, lomba literasi sirah nabi “Semua Membacanya” akan mengajak para pesertanya untuk menuangkan informasi yang telah mereka baca, simak, dan amati ke dalam bentuk karya tulis.

Pada penyelenggaraan lomba di tahun 2022, tahap literasi berikutnya yang ingin diraih yaitu
kompetensi keterampilan.

Peserta diminta menyajikan pengetahuan faktual yang telah atau akan diserap selama proses membaca, mengamati, dan menyimak ke dalam sebuah karya dengan bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam sebuah tulisan yang dapat dibaca semua kalangan dan memberi pemahaman tentang akhlak, teladan, dan kisah hidup Rasulullah.

Untuk menyiapkan peserta supaya bisa menuangkan gagasan ke dalam karya tulis dengan baik, panitia menyiapkan dua pelatihan menulis dengan detail sebagai berikut:

  • Sesi 1 bersama H. Habiburrahman El Shirazy (Penulis Mega best seller Indonesia) digelar pada Sabtu, 15 Oktober 2022, pukul 13.00-16.00 WIB
  • Sesi 2, bersama Ahmad Husain Fahasbu (Penulis Sirah Unik Sahabat Kanjeng Nabi "Dan Arsy pun Berguncang") diadakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022

Untuk lomba kali ini, panitia menyiapkan hadiah total sebesar 60 juta rupiah. Hadiah akan dibagikan kepada 110 pemenang dengan karya tulis terbaik.

Baca juga: Melihat Tradisi Perayaan Maulid Adat Karang Bajo di Lombok

 

Banyaknya jumlah pemenang ditentukan sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta yang akan bekerja keras menelurkan karyanya yaitu menulis artikel inspiratif tentang Rasulullah dan sahabat-sahabatnya.

Untuk memberi ruang kepada para generasi muda supaya bisa menampilkan karyanya, panitia
menyiapkan kategori pelajar bagi mereka yang berumur 18 tahun ke bawah. Kategori ini memiliki kuota pemenang sebanyak 40 terbaik.

Peserta dapat mendaftar pelatihan menulis dan mempelajari panduan lomba melalui tautan mataair.co/sm2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com