Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen FMIPA UNJ Terapkan Alat Antropometri Cerdas “Nimbang Balita” dalam Implementasi MBKM

Kompas.com - 14/10/2022, 20:33 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tim Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta (FMIPA UNJ) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat “Pemberdayaan Kader Lincah untuk Mewujudkan Eco Green Society” yang berlangsung pada Agustus hingga Oktober 2022.

Pengabdian masyarakat FMIPA UNJ yang diketuai Umiatin dan beranggotakan Fariani Hermin dan Tritiyatma Hadi ini merupakan kolaborasi multi disiplin ilmu, yaitu fisika, ilmu komputer, dan kimia dengan sasaran mitra kader Posyandu Cempaka, Kelurahan Larangan Selatan, Tangerang. 

Kegiatan ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di mana dua di antara delapan indikator kinerja utama perguruan tinggi adalah rasio mahasiswa yang mendapatkan pengalaman di luar kampus serta rasio pemanfaatan hasil riset dosen di masyarakat.

Bagi mahasiswa, pengalaman di luar kampus ini penting sebagai media untuk meningkatkan ketrampilan, keahlian dan kepekaan sosial.

Terdapat delapan bentuk kegiatan yang dapat diikuti mahasiswa dalam implementasi kurikulum MBKM, diantaranya melalui kegiatan kuliah kerja nyata tematik.

Sementara bagi dosen, implementasi kurikulum MBKM memberikan kesempatan untuk penyebarluasan dan pemanfaatan hasil riset di masyarakat.

Diharapkan dosen dapat mengetahui permasalahan sesungguhnya di masyarakat dan menawarkan solusi berbasis iptek melalui implementasi hasil riset yang telah dilakukan bersama mahasiswanya.

Penting bagi dosen untuk menentukan peta jalan risetnya agar sesuai kebutuhan yang ada di masyarakat, sehingga hasil-hasil riset diharapkan dapat dihilirisasi serta tidak hanya tersimpan sebagai prototipe di laboratorium.

Baca juga: FSRD IKJ Terapkan MBKM dan Dukung UMKM Industri Kreatif

Tiga kegiatan pengabdian masyarakat

Pada kegiatan pemberdayaan ini, dilakukan tiga kegiatan utama yaitu, pertama adalah pelatihan dan implementasi aplikasi sistem informasi posyandu “SIPE Nimbang Balita”.

Kegiatan pelatihan aplikasi sistem informasi posyandu mendapatkan respon sangat baik dari peserta, karena aplikasi ini dapat memudahkan kader posyandu dalam menyelesaikan administrasi kegiatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com