Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Karakter Empati Siswa, Sekolah Semesta Gelar "Charity Akbar 2022"

Kompas.com - 11/10/2022, 11:47 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Untuk menguatkan pendidikan karakter siswa, khususnya kepedulian terhadap sesama, Sekolah Semesta Semarang menggelar kegiatan "Semesta Charity Akbar" pada bulan Oktober 2022.

Kegiatan "Semesta Charity Akbar" yang rutin dilaksanakan Sekolah Semesta setiap tahun merupakan wadah bagi siswa untuk berbagi dengan anak yatim piatu dhuafa di Semarang dan sekitarnya.

Kepada Kompas.com, Kepala Sekolah SMA Semesta Ahmad Nurani menjelaskan "karakter yang bagus sangat dibutuhkan di masa sekarang ini, di mana nilai-nilai karakter tersebut akan bermanfaat di masyarakat kelak."

"Dengan berbagi siswa diharapkan dapat melatih empati, untuk merasakan bahwa anak-anak yatim dhuafa sangat membutuhkan uluran tangan kita," tegas Nurani.

Kepala Sekolah Semesta menjelaskan, di era serba digital di mana kita bisa berinteraksi secara global, perlu adanya penaman karakter kuat yang berbudaya luhur agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma.

"Zaman bisa cepat berubah namun jangan melupakan hakikat kita sebagai makhluk sosial dan beradab," ujar Nurani mengingatkan.

Memupuk rasa empati

Pada tahun ini Jumlah Paket yang sementara berhasil dikumpulkan adalah 750 paket, senilai lebih dari Rp. 187.500.000,-. Paket yang didapat berasal dari donasi orangtua siswa, staff, guru, siswa dan alumni sekolah Semesta. Paket yang terkumpul dibagikan ke 15 panti asuhan.

Pada Sabtu, 8 oktober 2022, Sekolah Semesta mengundang perwakilan sebanyak 116 anak panti asuhan untuk hadir di sekolah Semesta kampus Gunungpati.

Dalam kegiatan ini anak panti asuhan menerima paket santunan dan menyaksikan penampilan pentas seni dari siswa Sekolah Semesta secara langsung. Acara ini secara hibrid juga disiarkan melalui live Zoom di beberapa panti asuhan di Semarang.

Baca juga: 7 Cara Membentuk Karakter Positif pada Anak, Orangtua Sudah Lakukan?

"Semesta Charity Akbar 2022" dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Kartika Hedi Aji dan Kepala Seksi SMA, SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Toenggoel Rahso Poernomo.

Mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Toenggoel Rahso menyampaikan pentingnya memupuk rasa empati siswa.

“Marilah kita selalu memupuk rasa empati, sikap peduli dan saling berbagi serta menjalin kebersamaan guna bersama-sama bangkit dari ketertinggalan, kemiskinan dan kebodohan. Yang dibutuhkan anak-anak kita adalah perhatian dan kasih sayang," ungkapnya.

"Itulah yang akan meningkatkan motivasi dan semangat mereka da-lam menjalani kehidupannya. Ini sangat penting, karena anak-anak yatim ini telah kehilangan belaian kasih sayang orang tua. Bahkan ada yang putus sekolah dan bekerja mencari nafkah sendiri. Jangan sampai itu terjadi," tambah Toenggoel.

Kartika Hedi Aji sebagai perwakilan Walikota Semarang juga menyampaikan harapannya agar acara Semesta Charity Akbar ini bisa menginspirasi sekolah lain untuk mengadakan kegiatan serupa.

Ragam beasiswa

Kepala SMA Semesta menambahkan, selain kegiatan ini setiap tahun banyak agenda di Sekolah Semesta untuk memberikan kontribusi terhadap warga sekitar, di antaranya pembagian daging kurban, pembagian sembako dan pembagian iftar ramadhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com