Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Memaksimalkan Work From Anywhere

Kompas.com - 09/10/2022, 19:19 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Zen Wisa Sartre dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Tidak dimungkiri bahwa pandemi Covid-19 sangatlah berdampak pada dunia kerja. Banyak institusi swasta dan pemerintah yang mengubah pola dan budaya bekerjanya.

Dari yang bekerja work from office (WFO), pegawai wajib datang ke tempat bekerja dengan jam kerja yang telah ditentukan, menjadi work from home (WFH), yakni pegawai diharuskan bekerja dari rumah.

Sementara sekarang, pandemi Covid-19 sudah mulai mereda, pola kerja work from anywhere (WFA) mulai diterapkan beragam instansi.

Lantas, apakah work from anywhere dapat memberikan manfaat?

Dalam siniar Obsesif bertajuk “Memaksimalkan Work From Anywhere”, Mincot selaku admin HRD Bacot, menjelaskan pemanfaatan waktu dan produktivitas kerja melalui work from anywhere.

Dengan sistem dan lingkungan kerja WFA, waktu kerja menjadi lebih fleksibel. Karena WFO memanfaatkan sistem teknologi dan telekomunikasi, selama masih berhubungan, jarak dan waktu bukanlah masalah.

Itulah mengapa, penguasaan fitur-fitur terkini untuk menunjang komunikasi, seperti aplikasi Zoom, Google Meet, dan Slack harus dikuasai.

Baca juga: Pentingnya Komunikasi dalam Pernikahan

 

Apabila tidak, WFA yang dicanangkan untuk mengefektifkan pemanfaatan waktu menjadi tidak efisien karena terhambat oleh kurangnya penguasaan atas teknologi masa kini.

Dilansir dari Harvard Business Review, berikut adalah lima manfaat dari pola kerja WFA.

Menjadi Lebih Dekat dengan Keluarga

Dengan diterapkannya WFA, jam kerja menjadi fleksibel dan bekerja tidak harus di ruang kantor, maka kita dapat menjadi lebih bisa memanfaatkan waktu untuk bercengkerama dengan keluarga.

Waktu yang biasanya terbuang di perjalanan dapat kita gunakan untuk berbincang dengan orangtua atau saudara, sehingga hubungan tidak menjauh.

Hal ini tidak dapat terwujud bila perusahaan atau instansi masih menerapkan WFO.

Tidak Ada Batasan Waktu Kerja

Kegiatan di kantor yang awalnya dimulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00, kini bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Tentunya hal ini dapat memudahkan bagi kita yang akses pergi ke kantornya jauh dan sulit, sehingga tidak kelelahan di jalan dan menurunkan performa kerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com