Kompas.com - 07/10/2022, 14:37 WIB
|

KOMPAS.com - Buah alpukat biasa dibuat minuman jus, atau jadi bahan campuran untuk membuat es buah. Tentu buah ini banyak manfaatnya.

Tapi, buah alpukat juga sangat baik jika diberikan pada bayi atau balita. Apalagi untuk tumbung dan kembangnya.

Ini karena buah alpukat mengandung beragam vitamin dan mineral penting yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang balita, seperti Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Zat Besi, Asam Folat, Kalium, dan Antioksida.

Berikut adalah manfaat alpukat untuk bayi yang bisa di dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Informasi dilansir dari laman Sekolah Tinggi Ilmu Kesahatan (Stikes) Panti Kosala.

Baca juga: Manfaat Rendam Air Garam, Info Stikes Panti Kosala

Manfaat alpukat untuk bayi

1. Melindungi hati dan jantung

Jika bayi rutin mengonsumsi alpukat sejak dini, organ-organ vital di tubuhnya seperti jantung dan hati akan lebih kuat dan terlindungi dari risiko kerusakan.

Sebab, di samping mengandung kolesterol baik yang membantu memperkuat pembuluh jantung dan meringankan kerja organ hati, alpukat mengandung senyawa anti oksidan kuat bernama Glutathione.

Senyawa tersebut dikatakan ampuh melawan radikal bebas dan berbagai virus yang berisiko membahayakan tubuh, termasuk virus hepatitis yang mengancam organ hati bayi.

2. Dukung perkembangan otak

Mendukung perkembangan otak berkat kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya. Jika perkembangan otak bayi berjalan baik, maka ia pun akan cepat belajar dan berprestasi di masa depan.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Tanda dan Gejala Jantung Koroner

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.