Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 14:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Buah alpukat biasa dibuat minuman jus, atau jadi bahan campuran untuk membuat es buah. Tentu buah ini banyak manfaatnya.

Tapi, buah alpukat juga sangat baik jika diberikan pada bayi atau balita. Apalagi untuk tumbung dan kembangnya.

Ini karena buah alpukat mengandung beragam vitamin dan mineral penting yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang balita, seperti Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Zat Besi, Asam Folat, Kalium, dan Antioksida.

Berikut adalah manfaat alpukat untuk bayi yang bisa di dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Informasi dilansir dari laman Sekolah Tinggi Ilmu Kesahatan (Stikes) Panti Kosala.

Baca juga: Manfaat Rendam Air Garam, Info Stikes Panti Kosala

Manfaat alpukat untuk bayi

1. Melindungi hati dan jantung

Jika bayi rutin mengonsumsi alpukat sejak dini, organ-organ vital di tubuhnya seperti jantung dan hati akan lebih kuat dan terlindungi dari risiko kerusakan.

Sebab, di samping mengandung kolesterol baik yang membantu memperkuat pembuluh jantung dan meringankan kerja organ hati, alpukat mengandung senyawa anti oksidan kuat bernama Glutathione.

Senyawa tersebut dikatakan ampuh melawan radikal bebas dan berbagai virus yang berisiko membahayakan tubuh, termasuk virus hepatitis yang mengancam organ hati bayi.

2. Dukung perkembangan otak

Mendukung perkembangan otak berkat kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya. Jika perkembangan otak bayi berjalan baik, maka ia pun akan cepat belajar dan berprestasi di masa depan.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Tanda dan Gejala Jantung Koroner

3. Sumber protein

Dibandingkan buah lainnya, alpukat memiliki kandungan yang paling tinggi. Protein sendiri diketahui membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Diantaranya adalah sebagai antibodi untuk mengangkat zat asing yang masuk ke tubuh, pembentukan struktur sel, membantu pertumbuhan, memperbaiki jaringan dan sel tubuh yang rusak, dan mengangkut lemak, vitamin, mineral dan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Memperlancar proses pencernaan

Manfaat alpukat untuk bayi juga dapat menghindarkannya dari risiko konstipasi dan menjaga sistem pencernaanya tetap sehat, sebab alpukat membantu mengatur kadar asam pada perut sehingga sistem pencernaan bayi lebih lancar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com