Kompas.com - 06/10/2022, 12:32 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mendapatkah predikat cum laude saat lulus kuliah bisa menjadi sebuah prestasi, karena artinya kamu lulus dengan pujian yang diberikan oleh perguruan tinggi.

Tidak hanya soal prestasi, predikat cum laude ternyata juga bisa membuatmu lebih mudah diterima di sejumlah bidang kerja.

Pasalnya, nilai IPK masih menjadi saringan utama saat perusahaan memilih calon karyawan karena nilai IPK diangap mencerminkan etos kerja, disiplin, dan kecerdasan yang kuat.

Baca juga: Sosok Michael Agung, Lulus Kuliah dari ITB dengan Nilai IPK 3,99

Mengenal jenis-jenis predikat cum laude

Ada beragam jenis cum laude yang bisa kamu raih. Semakin tinggi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), semakin bergengsi jenis cum laude yang kamu dapat. Ada 3 jenis berdasarkan rentang nilai dari IPK, yaitu:

1. Cumlaude

Gelar cumlaude atau "kehormatan" diberikan kepada mahasiswa yang berhasil menyelesaikan masa studinya dengan nilai IPK dari rentang 3,50 sampai 3,70.

2. Magna Cumlaude

Naik satu tingkat, magna cumlaude memiliki predikat atau sebutan "kehormatan besar" di mana nilai yang didapatkan juga harus besar. Untuk bisa mendapatkan gelar ini siswa harus mempertahankan IPK di angka 3,70 hingga 3,90.

Baca juga: Sosok William, Lulusan Terbaik, Termuda, Tercepat ITB dengan IPK 4,00

3. Summa Cumlaude

Gelar atau predikat tertinggi disebut sebagai summa cumlaude yang memiliki arti "kehormatan tertinggi". Tidak main-main, seseorang yang mendapatkan gelar ini harus mempunya IPK antara 3,90 sampai dengan 4,00.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.