Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Gelar Cum Laude Buat Lulusan Mudah Dapat Kerja? Ini Jawabannya

Kompas.com - 06/10/2022, 12:32 WIB
Andia Christy,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendapatkah predikat cum laude saat lulus kuliah bisa menjadi sebuah prestasi, karena artinya kamu lulus dengan pujian yang diberikan oleh perguruan tinggi.

Tidak hanya soal prestasi, predikat cum laude ternyata juga bisa membuatmu lebih mudah diterima di sejumlah bidang kerja.

Pasalnya, nilai IPK masih menjadi saringan utama saat perusahaan memilih calon karyawan karena nilai IPK diangap mencerminkan etos kerja, disiplin, dan kecerdasan yang kuat.

Baca juga: Sosok Michael Agung, Lulus Kuliah dari ITB dengan Nilai IPK 3,99

Mengenal jenis-jenis predikat cum laude

Ada beragam jenis cum laude yang bisa kamu raih. Semakin tinggi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), semakin bergengsi jenis cum laude yang kamu dapat. Ada 3 jenis berdasarkan rentang nilai dari IPK, yaitu:

1. Cumlaude

Gelar cumlaude atau "kehormatan" diberikan kepada mahasiswa yang berhasil menyelesaikan masa studinya dengan nilai IPK dari rentang 3,50 sampai 3,70.

2. Magna Cumlaude

Naik satu tingkat, magna cumlaude memiliki predikat atau sebutan "kehormatan besar" di mana nilai yang didapatkan juga harus besar. Untuk bisa mendapatkan gelar ini siswa harus mempertahankan IPK di angka 3,70 hingga 3,90.

Baca juga: Sosok William, Lulusan Terbaik, Termuda, Tercepat ITB dengan IPK 4,00

3. Summa Cumlaude

Gelar atau predikat tertinggi disebut sebagai summa cumlaude yang memiliki arti "kehormatan tertinggi". Tidak main-main, seseorang yang mendapatkan gelar ini harus mempunya IPK antara 3,90 sampai dengan 4,00.

Beberapa sekolah juga mengharuskan siswa untuk mengumpulkan rekomendasi fakultas, menyelesaikan sejumlah kursus lanjutan, dan/atau menulis tesis kehormatan.

Mudah dapat kerja di bidang ini

Melansir Investopedia, memiliki gelar cum laude dapat menjadi penting bagi calon pekerja di bidang tertentu, seperti industri keuangan, konsultasi manajemen, dan teknik.

Pekerjaan ini memiliki rata-rata gaji yang baik di tingkat awal dan cukup kompetitif, sehingga begitu diminati oleh banyak pelamar kerja.

Kompetensi kerja berperan lebih besar

Di bidang-bidang yang memerlukan gelar lanjutan, seperti hukum dan kedokteran, gelar magna cumlaude dapat menjadi penting untuk diterima oleh lembaga ternama.

Meski begitu, penghargaan cum laude dinilai hanya berpengaruh pada pekerjaan pertama atau kedua seseorang.

Setelah itu, pengalaman dan prestasi di tempat kerja memainkan peran yang jauh lebih besar. Ditambah referensi dari atasan dan rekan kerja sebelumnya.

Baca juga: Skill Ini Bisa Membuat Gaji dan Peluang Kerjamu Lebih Tinggi

Kesuksesan karier pada akhirnya lebih pada kemampuan untuk bekerja dengan baik dengan orang lain, membangun hubungan yang bermakna, dan menciptakan nilai di dalam perusahaan.

Namun demikian, gelar kehormatan adalah aset yang setidaknya dapat membantu kandidat mendapatkan kesempatan pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com