Kompas.com - 05/10/2022, 14:47 WIB
|

KOMPAS.com - Dalam rangkaian HUT ke-266 Kota Yogyakarta, semua siswa sekolah di wilayah Kota Yogyakarta mengadakan karnaval dengan jadwal berbeda-beda.

HUT Kota Yogyakarta sebenarnya jatuh pada 7 Oktober. Namun, rangkaian karnaval yang diadakan masing-masing sekolah masih berlangsung.

SMPN 8 Yogyakarta juga turut memeriahkan HUT ke-266 Kota Yogyakarta dengan mengadakan karnaval, Rabu (5/10/2022).

Karnaval SMPN 8 Yogyakarta ini diikuti 1.000 peserta yang terdiri dari siswa, guru, karyawan, dan semua warga sekolah.

Baca juga: Ketahui Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah

Yogyakarta sebagai kota pendidikan, budaya, dan perjuangan

Kepala SMPN 8 Kota Yogyakarta Dra. Binarsih Sukaryanti, MPd. mengatakan, tema karnaval SMPN 8 Yogyakarta ini menggambarkan Yogyakarta sebagai kota pendidikan, kota budaya, dan kota perjuangan. Hal ini terlihat dari kostum yang digunakan para siswa dan guru.

Binarsih menerangkan, kelas 9 memakai kostum profesi untuk menggambarkan Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan.

"Pendidikan dalam hal ini digambarkan dengan profesi. Siswa memakai kostum profesi untuk menggambarkan cita-cita mereka di masa yang akan datang. Dengan memakai kostum profesi ini juga diharapkan siswa bisa mewujudkan cita-cita mereka kelak," kata Binarsih kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: 37 Contoh Kata Antonim dalam Bahasa Inggris yang Perlu Diketahui Siswa

Gunakan berbagai macam kostum

Karnaval SMPN 8 Yogyakarta dalam rangka HUT ke-266 Kota Yogyakarta mengangkat tema Yogyakarta sebagai kota pendidikan, budaya dan perjuangan, Rabu (5/10/2022).DOK. SMPN 8 Yogyakarta Karnaval SMPN 8 Yogyakarta dalam rangka HUT ke-266 Kota Yogyakarta mengangkat tema Yogyakarta sebagai kota pendidikan, budaya dan perjuangan, Rabu (5/10/2022).

Karnaval SMPN 8 Yogyakarta juga mengangkat tema Kota Yogyakarta sebagai kota budaya. Siswa kelas 8 mengenakan kostum yang menonjolkan kekayaan budaya bangsa Indonesia berupa baju adat Jawa, baju adat Nusantara, dan tari tradisional.

Binarsih menekankan, Yogyakarta dikenal memiliki kebudayaan yang sangat kental sehingga dengan mengangkat tema budaya dalam karnaval, siswa bisa nguri-uri atau melestarikan kebudayaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.