Kompas.com - 28/09/2022, 18:52 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Adanya aturan baru dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) atau seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) 2023 membuka peluang siswa untuk memilih program studi (prodi) lintas jurusan.

Dengan kebijakan yang terangkum dalam Permendikbud nomor 48 tahun 2022 ini, siswa bisa memilih prodi sesuai minat dan bakat mereka.

Sehingga siswa tidak terkotak-kotak memilih jurusan berdasarkan jurusan semasa duduk di SMA sederajat.

Terkait lintas jurusan yang bisa dilakukan siswa dalam SNPMB 2023 mendatang, pengamat pendidikan Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Budi Santoso Wignyosukarto mengatakan, yang penting calon mahasiswa harus tahu kemampuan diri sendiri sebelum ikut seleksi masuk PTN.

Baca juga: Aturan Lengkap SNBP 2023 dan Perbedaannya dengan SNMPTN

Siswa harus tahu kemampuan diri

Dengan adanya seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) atau SBMPTN ini akan dilakukan tes skolastik.

Adanya tes itu mencoba melihat kemampuan calon mahasiswa.

"Kalau dari IPS yang tidak pernah belajar matematika, fisika dan mekanika, kemudian masuk ke prodi Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Fisika, ya akhirnya setelah 2 tahun bisa DO (drop out)," beber Prof. Budi kepada Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Oleh karena itu, Prof. Budi menekankan, calon mahasiswa harus benar-benar mengenali kemampuan diri sebelum memilih suatu prodi dalam seleksi masuk PTN 2023 mendatang.

Selain itu calon mahasiswa juga harus jeli dalam memilih prodi yang diinginkan di perguruan tinggi.

"Di tahun pertama, ada beberapa mahasiswa yang keluar, pilih prodi lain karena tidak kuat mengikuti materi kuliahnya," ungkap Prof. Budi.


Baca juga: Seleksi Masuk PTN Diubah, Pengamat UGM: Jangan Coba-coba dengan Sistem

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.