Kompas.com - 28/09/2022, 15:03 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2023 atau sekarang disebut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 mengalami perubahan besar berdasarkan Permendikbud nomor 48 tahun 2022.

Perubahan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini digadang-gadang lebih adil, tidak bertujuan untuk komersial bahkan memberi kebebasan bagi siswa dalam memilih program studi (prodi).

Pengamat pendidikan Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Budi Santoso Wignyosukarto memberikan pendapatnya mengenai perubahan seleksi masuk PTN 2023 tersebut.

Prof. Budi menyampaikan, seleksi masuk PTN itu suatu proses untuk merangking peserta yang akan masuk suatu program studi (prodi) melalui beberapa cara, agar peserta dari beberapa kelompok masyarakat yang memerlukan pendidikan lanjut dapat terfasilitasi.

Baca juga: SNPMB 2023: Ini Syarat dan Daya Tampung SNBP, SNBT, Seleksi Mandiri

Sistem seleksi masuk PTN baru jangan coba-coba

Prof. Budi menerangkan, sistem seleksi masuk PTN juga membutuhkan jaringan sistem yang baik.

Sejak pendaftaran, pembuatan soal, penilaian hasil seleksi, perangkingan dan pembagian hasil perangkingan ke masing-masing perguruan tinggi.

Dia menilai sistem tersebut harus bisa mengerjakannya dalam waktu singkat. Oleh karena itu perlu pembuat soal yang mempunyai pengalaman yang baik, dan sistem informasi terpadu yang tangguh.

"Jangan coba-coba, sistem lama pun selalu diperbaiki setelah menemukan kelemahan-kelemahan dalam kurun waktu tertentu," papar Prof. Budi kepada Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Prof. Budi juga mencoba menelisik satu per satu seleksi masuk PTN dengan skema baru tersebut.

Baca juga: BP3 Resmi Bikin Akun Sosmed, Beri Info Seputar SNPMB 2023

SNBP, prestasi tidak bisa dilihat sesaat

Skema SNMPTN atau sekarang Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), mencoba menyeleksi berdasar prestasi selama kurun waktu tertentu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.