Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2022, 14:42 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Risek) resmi mengubah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di tahun 2023. Tak hanya soal perubahan istilah, aturan dalam seleksinya pun ikut berubah.

Perubahan yang terjadi untuk jalur SNBT 2023 ialah dihapuskannya Tes Potensi Akademik (TKA) yang berbasis mata pelajaran. Sehingga SNBT hanya akan mengujikan Tes Skolastik.

Mengetahui apa itu tes skolastik termasuk jenis soal ujian dapat menjadi langkah pertama untuk mempersiapkan diri.

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

Apa itu tes skolastik di SNBT 2023?

Tes skolastik sendiri adalah tes yang mengukur kemampuan penalaran umum (kognitif) siswa. Kemampuan kognitif mencakup kemampuan berpikir, belajar, bahasa, dan kritis. Soal-soal tes skolastik, juga berfokus pada logika siswa dan cara siswa menganalisis suatu problem yang kontekstual.

Materi skolastik akan sangat dibutuhkan saat masuk ke perguruan tinggi. Hampir semua mata kuliah, membutuhkan penalaran tinggi dari mahasiswanya. 

Tes skolastik menitikberatkan penalaran melalui 4 sub materi khusus. Empat sub materi khusus tersebut ialah:

  • Kemampuan potensi kognitif
  • Logika penalaran matematika
  • Literasi dalam bahasa Indonesia
  • Literasi dalam bahasa Inggris

Baca juga: Kemendikbud Ubah Aturan Seleksi SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri PTN 2023

Materi skolastik sendiri, memiliki soal pertanyaan yang mirip dengan Asesmen Nasional. Sebab,  seluruh materi skolastik didesain dengan soal-soal bermuatan penalaran. Sama halnya dengan soal-soal dalam AN yang muatannya adalah penalaran.

Dengan soal yang mirip, maka siswa kelas XII diharapkan tidak akan kaget dengan jenis pertanyaan yang diberikan karena sudah mengenal soal tersebut sejak duduk di bangku SD, SMP maupun SMA.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim juga sempat memberikan contoh soal masing-masing materi tes skolastik. Berikut contoh soal tes skolastik  SNBT 2023 yang bisa dijadikan gambaran siswa kelas XII:

Contoh Soal Tes Skolastik SNBT 2023

1. Potensi Kognitif

Lima sekawan Sano, Joko, Adi, Rimba, dan Ratu selalu berangkat bersama menuju sekolah. Joko selalu menjemput Sano, setelah ia dijemput Adi. Rimba menjadi anak terakhir yang dijemput. Sementara rumah Ratu terletak di antara rumah Joko dan rumah Adi. Berikut ini pernyataan yang BENAR adalah...

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+