Kompas.com - 06/10/2022, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Era globalisasi membuat kesempatan untuk berkuliah hingga bekerja menjadi lebih luas.

Perguruan tinggi hingga perusahaan dunia membuka peluang bagi generasi muda Indonesia untuk bergabung dan menunjukkan kompetensi.

Meski begitu, ada yang membuat pendapatan atau gaji pekerja asal Indonesia lebih rendah ketimbang negara tetangga seperti Filipina.

Sepanjang tahun 2021 misalnya, pekerja migran Indonesia mengirim devisa sebesar Rp 130 triliun atau setara USD 8,52 miliar.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

Sementara di tahun yang sama, pekerja migran Filipina mampu mengirim dengan angka yang empat kali lebih besar, yakni USD 31,4 miliar.

Penguasaan bahasa Inggris jadi kunci

Jawabannya terletak pada penguasaan bahasa asing terutama Bahasa Inggris.

Hal tersebut dipaparkan oleh Helmy Yahya dalam kanal video berbagi miliknya yang bertajuk
Helmy Yahya Bicara, beberapa waktu lalu.

“Devisa yg dibawa pekerja migran Filipina, jauh dibandingkan yang dibawa oleh pekerja Indonesia, walaupun secara kuantitas kita lebih banyak. Lagi lagi karena faktor bahasa, kita tidak bisa memaksimalkan itu,” ujar Helmy.

Padahal, ujar Helmy, untuk menguasai dunia, meningkatkan karier hingga gaji kini diperlukan kemampuan komunikasi dengan bahasa asing.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

"Untuk menguasai dunia, meningkatkan karier, gaji, investasi, karena terkadang harus berinteraksi dengan orang luar, Bahasa Inggris maupun Mandarin), kemampuan bahasa asing jadi keharusan untuk kita bisa sukses,” imbuh Helmy.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.