Kompas.com - 05/10/2022, 21:26 WIB

KOMPAS.com - Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) menjadi salah satu juara pada Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama (ONMIPA) 2022 bidang Biologi.

Kompetisi yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek ini merupakan ajang kompetisi tingkat nasional jenjang pendidikan tinggi untuk bidang studi matematika, kimia, fisika, dan biologi.

Seleksi dimulai dari tingkat perguruan tinggi sejak Juni 2022 lalu disaring ke tingkat wilayah hingga di tingkat nasional.

Joan Nadia, mahasiswi I3L jurusan Biomedicine memenangkan kejuaraan cabang biologi dengan meraih medali perak. Dalam kompetisi ini Joan bersaing dengan 65 peserta lain dalam olimpiade bidang biologi.

Humas i3L Azalia Imani melalui rilis resmi (5/10/2022) mengatakan, kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional ini merupakan ajang kompetisi bergengsi jenjang pendidikan tinggi.

"I3L telah menyiapkan tim mahasiswa untuk mengikuti kompetisi tersebut selama kurang lebih 4 bulan," ungkap Azalia.

"Persiapan dilakukan mulai dari rekrutmen untuk mengikuti seleksi di tingkat internal kampus, lalu ke tingkat daerah, hingga akhirnya terpilih mahasiswa yang lolos hingga tingkat nasional," tambahnya.

Lebih jauh Joan menyampaikan, sebelum maju ke olimpiade skala nasional, mahasiswi I3L telah melewati berbagai macam seleksi.

“Awalnya saya mengikuti seleksi internal di I3L. Setelah itu, saya lanjut ke seleksi tingkat wilayah LLDikti III secara online. Mengingat berbagai tanggung jawab akademis yang saya juga harus penuhi selama proses lomba, saya tidak menyangka dapat lolos ke olimpiade nasional." ujarnya.

Baca juga: Siswa Indonesia Raih 4 Medali Olimpiade Biologi Internasional 2022

Joan menyebut, ada tiga orang maju sebagai perwakilan dari i3L di ajang ONMIPA; dirinya, Alicia Cherie (angkatan 2021), dan Steve Makalew (angkatan 2019).

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.