Kompas.com - 06/10/2022, 10:19 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Salah satu hal yang sangat disayangkan dalam tragedi Kanjuruhan adalah adanya korban jiwa dari kalangan anak-anak.

Dalam tragedi sepakbola di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur tercatat 33 orang anak usia 4 hingga 17 tahun turut menjadi korban.

Usai peristiwa Kanjuruhan, Kementerian Pemberdayaan, Perempuan, dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau agar orangtua lebih bijaksana lagi di masa yang akan datang.

Selain itu orangtua juga diminta lebih cerdas untuk tidak memaksakan diri mengajak anak usia balita atau Anak Usia Dini datang ke stadion untuk menonton tim sepakbola kesayangan orangtuanya.

Baca juga: Astra Honda Motor Buka 10 Posisi Lowongan Kerja bagi Lulusan D3

Anak usia 4-17 tahun jadi korban di Kanjuruhan

Apalagi jika sebelumnya orangtua sudah mengetahui dalam pertandingan tersebut kerap terjadi keributan antar-suporter diantara kedua kesebelasan.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mencatat ada 33 anak yang meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kalangan anak-anak yang turut menjadi korban dalam peristiwa tersebut berusia sekitar 4 hingga 17 tahun.

"33 anak meninggal dunia, terdiri atas 8 anak perempuan dan 25 anak laki-laki, dengan usia antara 4 tahun sampai 17 tahun," ungkap Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA Nahar seperti dikutip dari laman Paudpedia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Rabu (5/10/2022)..

Baca juga: Karnaval HUT Ke-266 Kota Yogyakarta: SMPN 8 Ajak Siswa Lestarikan Kebudayaan

KPAI sayangkan ada korban anak di tragedi Kanjuruhan

Adanya korban anak-anak dalam tragedi ini harus menjadi catatan semua pihak.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan anak-anak yang turut menjadi korban dalam peristiwa Kanjuruhan tersebut.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.