Kompas.com - 03/10/2022, 06:02 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Hari Batik Nasional diperingati tiap tanggal 2 Oktober. Kain batik merupakan salah satu wastra nusantara atau kain tradisional yang pesonanya sudah mendunia.

Peringatan Hari Batik Nasional tiap tanggal 2 Oktober ini juga tak terlepas dari kebijakan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO yang menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya dunia. Tepatnya pada 2 Oktober 2009 silam.

Sebagai generasi muda, tidak hanya perlu tahu bahwa Hari Batik Nasional diperingati tiap tanggal 2 Oktober. Tetapi juga perlu tahu sejarah batik hingga ragam motifnya.

Merangkum dari petabudaya.belajar.kemdikbud dan berbagai sumber lainnya, keberadaan batik sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu.

Baca juga: BRI Group Buka Rekrutmen BRILiaN Future Leader Program bagi S1/S2

Sejarah batik

Kerajinan batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerajaan ke-XVIII atau awal abad ke-19.

Batik yang dihasilkan adalah batik tulis sampai awal abad ke-20 dan batik cap dikenal baru setelah usai perang dunia kesatu atau sekitar tahun 1920.

Kata "batik" berasal dari kata "ambatik" yang artinya sebuah kain dengan banyak titik. Akhiran-tik berarti titik, tetes atau ujung yang dipakai untuk membuat sebuah titik.

Batik juga berasal dari bahasa Jawa "tritik". Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik”.

Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad 17 yang ditulis dan dilukis pada daun lontar.

Kesenian batik merupakan kesenian menggambar pola di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu.

Baca juga: Mengatasi Cemas Sebelum Operasi, Ini Tipsnya ala Ners Unair

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.