Kompas.com - 24/09/2022, 13:50 WIB
|

KOMPAS.com - Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh anak saat masuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau preschool.

PAUD merupakan pendidikan anak sebelum memulai sekolah formal di jenjang TK maupun SD. Pendidikan sebelum TK dan SD ini mampu mengembangkan otak anak.

Biasanya sekolah jenjang PAUD mulai menerima anak dengan usia 2,5 tahun. Saat orangtua berencana memasukkan anaknya ke PAUD juga wajib mempertimbangkan kemampuan, kebutuhan, dan minat dari si kecil.

Terutama kesiapan anak dalam menerima pelajaran di sekolah, karena akan berpengaruh pada seluruh kegiatannya. Melansir dari laman Global Prestasi School (GPS), berikut 6 manfaat anak masuk PAUD yang perlu diketahui orangtua. Yuk, simak ulasannya.

Baca juga: Cipta Kridatama Buka Lowongan Kerja D3, D4, S1, S2 Banyak Jurusan

Manfaat anak masuk PAUD

1. Kenalkan anak pada aktivitas fisik

Manfaat anak ikut PAUD yang pertama adalah kegiatan yang dilakukan saat PAUD biasanya melibatkan banyak aktivitas fisik. Seperti permainan yang interaktif. Mempelajari banyak hal sangat baik untuk tumbuh kembang anak dan mengeksplorasi gerak di masa balita.

Selama anak berada di sekolah, anak bisa melakukan banyak aktivitas menyenangkan baik bersama teman sebaya dan guru.

Aktivitas fisik ini juga terbukti dapat membantu anak menjadi lebih aktif dan memiliki tulang dan otot lebih padat dan kuat. Dengan banyak bergerak selama berada di sekolah PAUD juga bisa mencegah anak dari obesitas atau berat badan berlebih. Semua hal ini baik juga untuk kesehatan anak.

2. Meningkatkan kecerdasan motorik

Manfaat masuk PAUD bagi anak yang kedua adalah bisa mengasah kecerdasan motorik. Mengasah motorik kasar dan halus ini penting dilakukan agar anak lebih siap saat masuk ke jenjang pendidikan formal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.