Kompas.com - 18/08/2022, 11:38 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - UIN Jakarta kembali menambah satu guru besar baru, setelah Arief Mufraini resmi naik jabatannya menjadi Guru Besar bidang Ilmu Ekonomi Islam.

Kenaikan jabatan akademik ini dituangkan dalam SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) No. 51119 Tahun 2002 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen.

Baca juga: Mahasiswa Lakukan Perpeloncoan, Rektor Undip: Saya Langsung Drop Out

SK yang ditandatangani Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pada 4 Agustus 2022 ini menyebutkan Arief dinilai telah memenuhi syarat untuk dinaikan jabatannya menjadi guru besar dari sebelumnya lektor kepala dengan angka kredit 516,20.

Ini mengacu pada Penetapan Angka Kredit Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek Nomor 589 Tahun 2022.

Atas dasar itu, Kemendikbud Ristek memutuskan untuk mengangkat Arief menjadi Guru Besar Ilmu Ekonomi Islam.

Terhitung mulai tanggal 1 Juli 2022 dinaikkan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang ilmu Ekonomi Islam dengan angka kredit sebesar 851.

Melansir laman UIN Jakarta, Kamis (18/8/2022) memberitahukan Arief merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta.

Meski homebase mengajarnya di Prodi Ekonomi Syariah FEB, tapi dia juga aktif mengajar di Program Magister Ekonomi Syariah dan Doktor Perbankan Syariah FEB serta di Program Magister dan Program Doktor Pengkajian Islam Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta.

Di Prodi Ekonomi Syariah, Arief mengampu mata kuliah Ekonomi Mikro Syariah, Metodologi Penelitian, dan Investasi dan Pasar Modal Syariah.

Baca juga: Isu Kenaikan Tarif Ojek Online, Ini Tanggapan Ekonom Unair

Sedangkan di Magister Ekonomi Syariah dan Doktor Perbankan Syariah, dia mengajar Metodologi Riset dan Teori Investasi dan Keuangan Islam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.