Kompas.com - 18/08/2022, 07:25 WIB

KOMPAS.com - Lima siswa Indonesia wakili Indonesia di ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA).

Mereka masing-masing terpillih dari ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Astronomi tahun 2021 untuk mengikuti ajang IOAA ke-15.

Adapun lima siswa terbaik tersebut adalah Donni Putera Sow (SMAN 3 Lingga ?Kepulauan Riau) , Ferdinand (SMA 1 Kristen BPK Penabur ?DKI Jakarta)?, Gilbert Adriel Tantoso (SMAS Kristen Petra 2 Jawa Timur), Dzaky Rafiansyah (SMA Semesta Jawa Tengah), dan Anthony Camilo Lim (SMAS Xaverius 1 ?Jambi).

Baca juga: Cerita Alumni ITS, Sepeda BMX Rancangannya Dipakai di Olimpiade Tokyo 2020

Ajang ini diselenggarakan pada tanggal 14-22 Agustus 2022 secara hybrid di Kutaisi, Georgia. Tim Indonesia mengikuti kompetisi ini secara daring.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Asep Sukmayadi turut memberikan semangat dan motivasi kepada tim Indonesia yang akan berkompetisi.

“Selamat kepada tim IOAA Indonesia yang sudah sampai di titik ini. Jaga api semangat selalu adik-adik, tetap fokus dan lakukan yang terbaik. Terus belajar dan mengambil ilmu, serta seluruh hal baik yang diperoleh dari ajang ini. Ingat selalu pesan yang diberikan oleh para pembimbing dan panitia,” ujar Asep Sukmayadi, dilansir dari laman Puspresnas.

Sebelum mewakili Indonesia di ajang Internasional ini, mereka telah melewati serangkaian seleksi yang ketat.

Baca juga: Cara agar Anak Cerdas, Ners UM Kudus Sebut 2 Faktornya

Dimulai dari ajang KSN di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan mengikuti pelatihan nasional (pelatnas) pertama hingga ketiga.

IOAA sendiri merupakan acara tahunan untuk siswa sekolah menengah atas dari seluruh dunia di bidang Astronomi.

Tujuannya, untuk membudayakan Astronomi dan membina persahabatan antar astronom muda di tingkat internasiona.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.