Kompas.com - 15/08/2022, 15:57 WIB
|

KOMPAS.com - Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) akan kembali beraksi. Apakah kamu pernah melihatnya? Apakah kamu tahu manfaat jadi paskibraka?

Tentu, Paskibraka akan menjalankan tugasnya sebagai pengibar bendera pusaka pada saat HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara setiap 17 Agustus.

Kepiawaian baris-berbaris yang mereka lakukan bukanlah sebuah proses yang instan. Tetapi mereka dikarantina dalam kurun waktu tertentu dan ditempa dengan berbagai ilmu.

Baca juga: Siswa, Ini 4 Bahan Kimia Pembersih Berikut Penjelasannya

Bagi siswa SMP apakah tertarik menjadi anggota Paskibraka? Jika berhasil menjadi anggota Paskibraka, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Senin (15/8/2022), ini manfaat ikut Paskibraka.

5 manfaat jadi Paskibraka

1. Menjadi disiplin

Adapun manfaat jadi Paskibraka yang pertama ialah disiplin. Disiplin adalah hal yang sudah pasti diterapkan dan akan selalu diingat oleh para anggota Paskibraka, bahkan setelah mereka tidak lagi bertugas.

Seluruh anggota Paskibraka saat masa karantina dilatih untuk disiplin mengikuti setiap aturan dan jadwal yang ada. Maka dari itu, kedisiplinan bukan lagi hal yang diragukan dari seorang anggota Paskibraka.

Baca juga: Manfaat Jamu Beras Kencur, Ini Cara Membuatnya bagi Siswa

2. Mampu memanajemen waktu

Selain kedisiplinan, menjadi anggota Paskibraka akan membuat kita piawai dalam mengatur waktu. Maka, pelatihan Paskibraka memiliki segudang jadwal yang cukup padat (baik di lapangan maupun di dalam ruangan).

Jadi, manajemen waktu yang baik akan bisa kamu dapat dengan menjadi seorang anggota Paskibraka.

3. Bisa belajar bekerja sama dengan tim

Tentunya, sebagai makhluk sosial memerlukan bantuan orang lain. Oleh karena itu, team work adalah salah skill hal yang harus kita pelajari. Dengan menjadi anggota Paskibraka, kita akan belajar bekerja sama dengan tim.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.