Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2022, 15:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) akan kembali beraksi. Apakah kamu pernah melihatnya? Apakah kamu tahu manfaat jadi paskibraka?

Tentu, Paskibraka akan menjalankan tugasnya sebagai pengibar bendera pusaka pada saat HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara setiap 17 Agustus.

Kepiawaian baris-berbaris yang mereka lakukan bukanlah sebuah proses yang instan. Tetapi mereka dikarantina dalam kurun waktu tertentu dan ditempa dengan berbagai ilmu.

Baca juga: Siswa, Ini 4 Bahan Kimia Pembersih Berikut Penjelasannya

Bagi siswa SMP apakah tertarik menjadi anggota Paskibraka? Jika berhasil menjadi anggota Paskibraka, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Senin (15/8/2022), ini manfaat ikut Paskibraka.

5 manfaat jadi Paskibraka

1. Menjadi disiplin

Adapun manfaat jadi Paskibraka yang pertama ialah disiplin. Disiplin adalah hal yang sudah pasti diterapkan dan akan selalu diingat oleh para anggota Paskibraka, bahkan setelah mereka tidak lagi bertugas.

Seluruh anggota Paskibraka saat masa karantina dilatih untuk disiplin mengikuti setiap aturan dan jadwal yang ada. Maka dari itu, kedisiplinan bukan lagi hal yang diragukan dari seorang anggota Paskibraka.

Baca juga: Manfaat Jamu Beras Kencur, Ini Cara Membuatnya bagi Siswa

2. Mampu memanajemen waktu

Selain kedisiplinan, menjadi anggota Paskibraka akan membuat kita piawai dalam mengatur waktu. Maka, pelatihan Paskibraka memiliki segudang jadwal yang cukup padat (baik di lapangan maupun di dalam ruangan).

Jadi, manajemen waktu yang baik akan bisa kamu dapat dengan menjadi seorang anggota Paskibraka.

3. Bisa belajar bekerja sama dengan tim

Tentunya, sebagai makhluk sosial memerlukan bantuan orang lain. Oleh karena itu, team work adalah salah skill hal yang harus kita pelajari. Dengan menjadi anggota Paskibraka, kita akan belajar bekerja sama dengan tim.

Adapun kerja sama antartim ini terlatih seiring Paskibraka latihan baris-berbaris. Jika satu orang saja salah, maka satu kelompok akan salah semua.

Dalam proses latihan Paskibraka, setiap orang harus memikirkan orang lain, satu gerakan yang sama, bersemangat yang sama, dan tujuan yang sama. Jadi, saling mendukung dan memberikan semangat satu sama lain.

Baca juga: 5 Tips Berlatih Basket di Rumah bagi Siswa

4. Tanamkan rasa syukur

Selain itu, manfaat jadi Paskibraka ialah bisa menanamkan rasa syukur. Ini karena selama masa karantina dan menjadi anggota Paskibraka akan membuat kamu menjadi bersyukur.

Ketika terpilih menjadi bagian dari Paskibraka, kamu berarti telah berhasil bersaing dengan ribuan calon Paskibraka lainnya untuk bisa mengibarkan bendera pusaka pada Hari Kemerdekaan Indonesia.

Hal itu tentu akan membuat kamu merasa bersyukur sekaligus bangga menjadi anggota Paskibraka.

5. Tumbuhkan rasa cinta tanah air

Saat menjadi anggota Paskibraka akan membuat diri kita memiliki rasa cinta yang dalam terhadap Negara Kesatuan RepubIik Indonesia.

Sebab, para anggota Paskibraka rutin menyanyikan lagu Indonesia Raya, belajar tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan ketika mengibarkan bendera muncul rasa semakin bangga menjadi orang Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com