Kompas.com - 15/08/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Data World Health Organization (WHO) tahun 2012 menunjukkan sekitar 31 persen dari 56,5 juta orang atau 17,7 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, dari seluruh kematian akibat penyakit kardiovaskuler, sebesar 7,4 juta disebabkan oleh Penyakit Jantung Koroner dan 6,7 juta disebabkan oleh stroke.

Sementara itu, prevalensi stroke nasional (Riskesdas 2013) berdasarkan kelompok umur ialah:

  • >75 tahun sebesar 67 persen
  • 65-74 tahun sebesar 46 persen
  • 55-64 tahun sebesar 33 persen
  • 45-54 tahun sebesar 16,7 persen
  • 35-44 tahun sebesar 6,4 persen
  • 25-34 tahun sebesar 3,9 perse
  • 15-24 tahun sebesar 2,6 persen

Baca juga: Peneliti Unair Hadirkan Produk Herbal Obati Gula Darah dan Kolesterol

Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014 menunjukkan stroke merupakan penyebab kematian utama, yaitu sebesar 21,1 persen dari seluruh penyebab kematian untuk semua kelompok umur.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Indian Council of Medical Research (ICMR) menunjukkan bahwa sekitar 10 hingga 15 persen dari jenis stroke yang terjadi pada pasien dewasa muda mengakibatkan hampir seperlima dari mereka dirawat di rumah sakit.

Penyebab stroke di usia muda

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) M Reza Utama menjelaskan, sebagian besar stroke pada usia dewasa muda disebabkan karena dua jenis perdarahan.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

“Jenis pertama adalah perdarahan subarachnoid yakni perdarahan yang terjadi di area antara membran arachnoid dan pia mater yang mengelilingi otak. Jenis kedua adalah karena perdarahan intrakranial yaitu ketika pembuluh darah di dalam tengkorak pecah atau bocor,” jelas Reza, Jumat (12/8/22), dilansir dari laman Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Reza menjelaskan kedua penyebab ini ditemukan lebih dominan di antara orang dewasa muda (40-55 persen) bila dibandingkan dengan populasi stroke umum (15-20 persen).

Namun, lanjut dia, tren tersebut semakin bergeser. Jenis stroke yang paling umum mempengaruhi mayoritas populasi saat ini adalah stroke infark yaitu jenis stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh darah yang memasok darah ke otak.

Reza juga menjelaskan beberapa risiko yang dapat memicu kejadian stroke pada usia dewasa muda.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.