Kompas.com - 15/08/2022, 15:57 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) lewat Panitia Seleksi Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Pansel Satgas PPKS) membuka rekrutmen calon anggota Satgas PPKS di lingkungan Unpad, mulai 15-22 Agustus 2022.

Ketua Tim Pansel Satgas PPKS Unpad, Dr. Budiawati Supangkat mengatakan, pendaftaran kandidat calon anggota Satgas dapat dilakukan dengan mengisi formulir di laman https://bit.ly/daftarSatgasPPKS-UP.

Baca juga: Mahasiswa Lakukan Perpeloncoan, Rektor Undip: Saya Langsung Drop Out

Calon anggota Satgas PPKS terdiri dari unsur dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Dosen yang akrab disapa Wati ini menjelaskan, ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi kandidat calon anggota Satgas PPKS Unpad.

Persyaratan tersebut minimal tidak pernah melakukan tindakan kekerasan, termasuk kekerasan seksual.

Selain itu, kandidat juga diprioritaskan pernah berkegiatan mendampingi korban kekerasan seksual, pernah melakukan kajian tentang kekerasan seksual, gender, atau disabilitas, hingga pernah mengikuti sekurang-kurangnya satu/dua organisasi di dalam atau luar kampus yang berfokus pada isu kekerasan seksual, gender, dan disabilitas.

Pada saat proses pendaftaran, pendaftar wajib melampirkan daftar riwayat hidup, surat rekomendasi dari Dekan untuk dosen, Direktur/Wakil Dekan untuk tenaga kependidikan atau Ketua Prodi untuk mahasiswa, serta surat pernyataan tidak pernah terbukti melakukan kekerasan seksual.

"Surat rekomendasi diperlukan sebagai pengesahan. Karena jangan sampai dosen, tendik, atau mahasiswa yang ingin mendaftar memiliki latar belakang yang kurang baik, sehingga pimpinan ikut melihat kredibilitas dari para pendaftar. Secara tidak langsung para pimpinan ikut menyeleksi di belakang layar," kata dia melansir laman Unpad, Senin (15/8/2022).

Tugas tim pansel, sebut dia, merupakan tim yang diangkat oleh rektor untuk melakukan seleksi terhadap Calon Anggota Satgas PPKS Unpad.

Pengangkatan pansel tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Rektor Unpad Nomor 3756/UN6.RKT/Kep/HK/2022 tentang Pengangkatan Pansel Satgas PPKS Unpad tertanggal 8 Agustus 2022.

Baca juga: Isu Kenaikan Tarif Ojek Online, Ini Tanggapan Ekonom Unair

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.