Kompas.com - 15/08/2022, 12:43 WIB
|

KOMPAS.com - Tim mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan serta SIKIA Universitas Airlangga (Unair) berinovasi membuat deodoran spray dengan bahan alami.

Adapun bahan alami yang digunakan ialah ekstrak bintang laut. Bahkan inovasi berjudul ‘Patrick Spray’ itu berhasil mengantarkan tim mahasiswa Unair meraih pendanaan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022 dari Kemendikbud Ristek RI.

Menurut ketua tim, Mesy Indriani, pada dasarnya, konsep Patrick Spray itu sama seperti deodoran pada umumnya.

Baca juga: 6 Cara Atasi Kram Perut Saat Haid dari Ners Unair

Hanya saja, bahan yang digunakan merupakan bahan yang paling aman untuk dipakai di kulit manusia, yaitu ekstrak bintang laut.

Punya kandungan antibakteri

Dikatakan, bintang laut sangat potensial untuk digunakan sebagai bahan dasar deodoran spray. Hal itu dikarenakan bintang laut memiliki kandungan flavonoid sebagai antibakteri.

Flavonoid itulah yang menjadi bahan utama dari produk ini. Kandungan flavonoid dalam bintang laut, telah terbukti secara ilmiah merupakan yang paling aman digunakan di kulit manusia dengan kadar pH rentang 5–6.

"Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Maka dari itu, memproduksi deodoran spray juga termasuk ke dalam memanfaatkan kekayaan alam," ujarnya dikutip dari laman Unair, Senin (15/8/2022).

Dalam produksinya, Mesy mengatakan bahwa satu bintang laut dapat menghasilkan lima sampai enam mililiter flavonoid.

Baca juga: Tangani Wabah PMK, Guru Besar Unair Upayakan Vaksinasi Ternak di Lamongan

Pada awalnya, bintang laut akan direbus dan disuling sehingga menghasilkan cairan yang mengandung flavonoid dan zat-zat lainnya. Selanjutnya, cairan itu akan diekstrak beberapa kali hingga tersisa flavonoidnya saja.

Sesuaikan kebutuhan kulit konsumen

Selain itu, produk ini tentu tidak luput dari efek samping. Maka dari itu, ia dan tim memproduksi beberapa varian Patrick Spray dengan menyesuaikan kebutuhan kulit konsumen.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.