Kompas.com - 01/08/2022, 05:27 WIB
|

KOMPAS.com - Dosen Patologi Anatomi FK Universitas Airlangga (Unair), dr. Alphania Rahniayu, Sp.P.A(K)., menyatakan bahwa Pap Smear atau skrining awal adanya kanker serviks disarankan untuk dilakukan satu tahun sekali.

Hal ini karena setiap tahun, 500.000 wanita di Indonesia terdiagnosis kanker serviks. Adapun 70 persen kejadiannya ditemukan pada stadium lanjut.

"Hal ini penting agar angka kejadian kanker serviks terlambat terdeteksi dan menimbulkan kematian bisa ditekan," ujarnya dikutip dari laman Unair, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Pakai Ramuan Alami, Info Ners Unair

Dokter Alpha tersebut memberikan penjelasannya saat mengisi pelatihan Pap Smear online untuk Tenaga Kesehatan di Wilayah Puskesmas Pilangkenceng, Madiun.

Untuk itulah penting sekali untuk dilakukan pemeriksaan berkala. Misalnya masyarakat bisa membudayakan menjadwalkan pemeriksaan pap smear saat ulang tahun agar mudah diingat.

"Jangan menunggu gejala baru periksa," tegas dokter Alpha.

Jadi, ia kembali menegaskan bahwa pap smear adalah skrinning awal. Dilakukan pada seseorang yang tidak ada keluhan. Karenanya ini disebut dengan deteksi dini pra kanker.

"Karena kalau sudah menunjukkan gejala, maka pemeriksaannya bukan melalui pap smear, tapi dengan prosedur pemeriksaan yang lebih detil," imbuhnya.

Tak hanya itu saja, ia juga menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Pemeriksaan Pap Smear.

1. Pertama adalah lakukan saat tidak dalam keadaan haid.

2. Selain itu lakukan pap smear lima hari setelah melakukan hubungan badan.

Baca juga: Makanan untuk Asam Urat, Info Ners Unair

Hal ini perlu untuk menghindari kekaburan hasil saat pemeriksaan Pap Smear.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.