Kompas.com - 14/08/2022, 17:50 WIB
|

KOMPAS.com - Apakah anak Anda aktif bergerak? Atau malah si anak suka duduk manis tetapi sambil bermain dengan gawai atau ponsel pintar?

Jika anak aktif bergerak tentu itu adalah suatu hal yang wajar. Bahkan banyak bergerak bagi anak usia dini itu justru membuat anak menjadi lebih sehat. Karena itu, anak yang aktif bergerak harus dibiarkan.

Akan tetapi, orang tua tetap harus menjaga dan mengawasinya dengan baik. Atau kalau bisa orang tua juga aktif untuk ikut bergerak.

Baca juga: 4 Faktor yang Memengaruhi Perkembangan Anak, Orangtua Wajib Tahu

Kenapa demikian? Karena bergerak bagi anak usia dini itu justru banyak manfaatnya. Jadi anak jangan dicegah jika aktif bergerak.

Dilansir dari laman Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud Ristek, berikut manfaat anak aktif bergerak. Bagi orang tua, ada beberapa kiat untuk mengajak anak aktif bergerak, caranya:

1. Cari aktivitas fisik favorit anak

Cara pertama ialah orang tua bisa mendampingi anak melakukan kegiatan-kegiatan favoritnya seperti berenang, main bola, atau memanjat.

2. Orangtua jadi contoh bagi anak

Orang tua yang aktif akan menjadi teladan bagi anak-anak, berbeda dengan orang tua yang tidak banyak bergerak.

3. Coba batasi televisi dan gawai

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.