RILIS BIZ

Peduli Pemulihan Sungai Batanghari, Kemendikbud Ristek Gelar Kenduri Swarnabhumi

Kompas.com - 14/08/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar ekspedisi dan festival kebudayaan bertajuk ‘Kenduri Swarnabhumi’.Acara berlangsung sepanjang Agustus hingga September 2022.

Adapun acara itu digelar untuk merestorasi dan melestarikan aset-aset kebudayaan yang ada di sepanjang Sungai Batanghari.

Perlu diketahyu, peradaban masyarakat Melayu dipercaya tumbuh dan berkembang di sepanjang sungai Batanghari yang membelah Pulau Sumatera mulai dari Kabupaten Solok, Sumatera Barat hingga Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Acara juga terselenggara berkat kerja sama masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang bertekad untuk merestorasi dan melestarikan sungai kebanggan bumi melayu tersebut.

Dalam sambutannya pada pembukaan Kenduri Swarnabhumi di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Jumat (12/8/2022), Sekretaris Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda menegaskan bahwa sungai adalah variabel penting dalam sebuah peradaban.

Selain menjadi sumber kehidupan, di masa lalu, sungai telah terbukti melahirkan berbagai peradaban dunia seperti pusat kota, kerajaan, keraton dan kedatuan.

Begitu pula dengan Sungai Batanghari yang terbentang sepanjang 800 kilometer sebagai urat nadi pelayaran dan perniagaan yang mendunia.

“Sungai Batanghari adalah saksi kearifan masyarakat menyikapi alam dan menjadi lumbung peradaban,” jelas Fitra dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (14/8/2022)

Ia menuturkan bahwa Sungai Batanghari adalah tonggak peradaban, jalur perdagangan lintas samudra, juga menjadi tempat silang budaya akulturasi, perekat kebudayaan melayu, dan menjadi jalur emas dalam mencari kebijaksanaan.

Sayangnya, kini Sungai Batanghari mengalami pasang surut dalam perkembangannya menghadapi tantangan, baik dari alam maupun lingkungan, terutama hantaman modernisasi dan degradasi sosial budaya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.