Kompas.com - 12/08/2022, 08:47 WIB
|

KOMPAS.com - Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan seminar bertemakan ‘Menyusui dan Bekerja, Antara Ekspektasi dan Realitas’ pada Jumat, (5/8/2022).

Adapun narasumbernya ialah Konselor ASI dari RSA UGM, Cyntia Eriska Dewi, SST., dan Leilya Elvizahro, S.Gz.

Pada seminar yang juga digelar secara bauran tersebut membahas banyak hal, yakni mitos dan fakta seputar ibu menyusui.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Ini Cara Penanganan Tersedak dan Upaya Pencegahannya

Mulai dari topik mendasar seperti manfaat tersembunyi di balik kegiatan menyusui, cara menyusui yang baik dan benar, serta cara menyimpan ASI yang benar.

Ada pula membahas pentingnya kelengkapan gizi sang ibu guna menghasilkan ASI yang berkualitas, serta tidak ketinggalan membahas berbagai mitos dan fakta seputar ibu menyusui yang beredar di tengah-tengah masyarakat.

Mitos dan fakta ibu menyusui

1. "Jangan makan ikan, nanti ASI-nya amis"

Menurut Leilya Elvizahro, S.Gz., anggapan ini adalah mitos. Dijelaskan, ASI secara umum tidak memiliki aroma, artinya makanan yang dikonsumsi sang ibu tidak memengaruhi aroma ASI yang dihasilkan.

Sebaliknya mengonsumsi ikan sangat dianjurkan untuk para ibu menyusui, sebab ikan mengandung protein dan asam lemak yang dibutuhkan oleh ibu. Leilya menilai ASI yang ditemukan berbau amis tersebut disebabkan cara penyimpanan ASI perah yang kurang tepat.

2. "Ibu menyusui tidak boleh minum kopi"

Leilya mengatakan bahwa hal tersebut juga mitos. Secara umum, para ibu yang menyusui aman untuk mengonsumsi kopi, namun dibatasi kurang dari 300 mg per hari (atau secara 2 cangkir kopi).

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Diare Pada Anak ala Dokter RSA UGM

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.