Kompas.com - 11/08/2022, 19:06 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com -  Guru Besar Tetap Fakultas Ekologi Manusia IPB, Prof. Hadi Riyadi mengatakan, masalah obesitas pada orang dewasa di Indonesia cukup tinggi.

Selama sekitar satu dekade terakhir (2007-2018) prevalensi overweight, obesitas, dan obesitas sentral meningkat cukup pesat.

Baca juga: Ini 15 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

Dengan asumsi kenaikan prevalensi masih seperti saat ini, maka diduga pada tahun 2029 satu dari dua orang dewasa mengalami obesitas.

"Kalau tidak ada upaya perbaikan yang signifikan maka pada tahun 2029 akan terjadi krisis obesitas, dan Indonesia akan menjadi bangsa yang gemuk," ucap Prof. Hadi melansir laman IPB, Kamis (11/8/2022).

Dia menjelaskan, penyebab obesitas terdiri dari 2 faktor utama, yaitu faktor biologi dan faktor lingkungan.

Faktor biologi terdiri dari genetik, mikrobiota saluran cerna, hormon, umur dan jenis kelamin.

"Obesitas pada bayi dan anak dapat terjadi karena obesitas maternal dan obesitas paternal. Ibu yang mengalami obesitas ketika hamil atau pertambahan berat badannya tinggi memiliki peluang bayi dan anaknya juga akan overweight dan obesitas. Tidak hanya faktor ibu, obesitas pada anak juga terjadi karena obesitas pada ayahnya atau obesitas paternal," ucap dia.

Sementara itu, untuk faktor lingkungan obesogenik (diet tinggi kalori dan gaya hidup sedentary) pada ayah dapat mengganggu kualitas sperma ayah.

Seperti meningkatnya kerusakan DNA oksidatif sperma, meningkatnya modifikasi epigenetik sperma, dan berkurangnya kapasitas pembuahan.

Baca juga: UI Jadi Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

"Hal ini akan berdampak negatif pada perkembangan embrio dan janin, sehingga generasi masa depan akan mengalami obesitas serta komplikasi metabolik dan reproduksi," ucapnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.