Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 13:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Brigitta Sheren Patricia merupakan mahasiswi dari jurusan Hubungan Internasional yang peduli akan kualitas udara.

Mahasiswi President University angkatan 2020 ini mempunyai alasan tersendiri untuk peduli akan kualitas udara. Apalagi isu kualitas udara saat ini sangat hangat diperbincangkan.

Baca juga: Ini 15 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

"Jadi bersama 11 orang terpilih di program Biru Voices, saya ikut menyebarkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait isu kualitas udara," ucap dia dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

Sebelum kuliah di President University, dia merupakan siswa SMA Gembala Baik yang merupakan salah satu sekolah swasta terbesar dan terkenal di Pontianak.

Dia mengaku, dirinya memilih President University karena kampus ini berstandar internasional dan berbasis bahasa Inggris.

Lalu, kata dia, kampusnya menerima mahasiswa dari luar negeri seperti China, Timor Leste, Korea dan negara lainnya.

Sehingga memungkinkan dirinya untuk berlatih berbagai bahasa secara langsung kepada native speaker-nya.

"Saya mengetahui President University dari edufair yang diadakan di SMA, dan kebetulan ambassadornya adalah kakak tingkat yang cukup akrab kepada saya sehingga saya semakin penasaran dan mencari tahu info mengenai President University," ucap wanita yang akrab disapa Gigit ini.

Sedangkan alasan memilih jurusan Hubungan Internasional, sebut dia, karena tertarik mengenai isu sosial dan politik yang kerap terjadi saat ini.

Baca juga: Sosok Hasna, Mahasiswa Termuda ITS dengan Usia 15 Tahun

Lalu bisa mempelajari sejarah banyak negara, terutama mengenai negara-negara di Asia.

Selain itu, dia suka mempelajari hubungan antar negara dari berbagai aspek kehidupan.

Dengan begitu, bisa menguasai berbagai bahasa yang dibutuhkan sebagai mahasiswi hubungan internasional.

"Saya menguasai beberapa bahasa yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Melayu dan Bahasa Mandarin, serta baru mempelajari Bahasa Jepang dan Bahasa Korea," ucapnya.

Selama berkuliah di President University, Gigit belum pernah mengikuti kompetisi atau perlombaan akademik.

Namun, untuk perlombaan non akademik, dia mengikuti kompetisi olahraga bola basket pada 2022 dalam perlombaan Sport Olympiad. Pada saat itu, dia mendapatkan juara pertama.

Saat ini, dia aktif berkegiatan dalam organisasi resmi legislatif tertinggi di kampus, yaitu senat mahasiswa dari tahun 2020 hingga saat ini sebagai chairperson dari President University Student Council (Senat Mahasiswa).

"Selain itu, saya mengikuti klub International Relations Insight (IRIS), yaitu sebuah klub pembuatan majalah dan saya sebagai jurnalis yang mencari bahan dan menyusun artikel dalam majalah tersebut," sebut dia.

Baca juga: UI Jadi Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

Sekarang, Gigit masuk Semester 7 dan IPK terakhir yang didapatkan sebesar 3,80. Setelah lulus kuliah, dia berencana untuk melanjutkan pendidikan S2 ke luar negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com