Kompas.com - 09/08/2022, 13:51 WIB

KOMPAS.com - Pemberian Air Susu Ibu (ASI) sangat dianjurkan bagi bayi yang baru saja lahir hingga usia 2 tahun.

Menurut WHO, ASI merupakan nutrisi yang ideal untuk bayi. Karena sifat ASI yang aman, bersih dan mengandung antibodi.

Seperti DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim yang semuanya dalam takaran dan komposisi yang pas untuk bayi.

Dokter Rumah Sakit Nasional Diponegoro Universitas Diponegoro (RSND Undip) dr. Yetty Movieta Nency mengatakan, ASI memiliki nutrisi yang sempurna.

Sehingga penting bagi para ibu memberikan ASI dari awal untuk membentuk tubuh, intelektual, emosional, dan sosial yang bagus pada anak.

"Ibu, sejak ANC (Antenatal Care) harus sudah mempersiapkan ASI, guna mencegah berbagai kemungkinan sebelum bayi lahir," urai dr. Yetty seperti dikutip dari laman Undip, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: Cerita Hasna, Jadi Mahasiswa Termuda ITS di Usia 15 Tahun

Yetty menerangkan, masa emas pertumbuhan anak pada usia 2-5 tahun. Sehingga harus dapat dimaksimalkan dengan pemberian ASI.

Komposisi ASI, lanjut Yetty, sudah sangat ideal dibanding dengan susu formula. ASI juga memiliki zat pertahanan yang menyebabkan bayi tidak mudah sakit. Pasalnya jika anak sering sakit akan menyebabkan kualitas hidup terganggu, karena harus berobat dan pengeluaran akan bertambah.

dr. Yetty menyebutkan beberapa manfaat ASI, yani anak dan ibu akan mempunyai bonding yang kuat dan pemberian ASI mempunyai efek kecerdasan jangka panjang.

Produksi ASI dipengaruhi hormon

Yetty menjabarkan, produksi ASI dipengaruhi oleh hormon, salah satunya hormon prolaktin dan oksitosin.

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Khusus bagi Kalangan Perempuan, Tertarik Daftar?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.