Kompas.com - 08/08/2022, 20:59 WIB

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengukuhkan sebanyak 5.893 mahasiswa baru dari jenjang sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4) yang diadakan di lapangan upacara depan Gedung Perpustakaan ITS, Senin (8/8/2022).

Dari ribuan mahasiswa baru ITS, ada sosok Hasna Nur Shadrina yang dinobatkan sebagai mahasiswa termuda tahun akademik 2022/2023.

Gadis asal Tangerang ini berhasil lolos menjadi mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan ITS tepat pada usia 15 tahun 5 bulan.

Hasna mengaku tidak menyangka dapat diterima di kampus ITS melalui jalur Seleksi Mandiri. Apalagi saat dinobatkan sebagai mahasiswa termuda ITS angkatan 2022/2023. Dia mengira, pasti akan ada mahasiswa baru yang lebih muda darinya.

"ITS merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia, jadi pasti banyak diincar teman-teman muda Indonesia," urai Hasna seperti dikutip dari laman ITS, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Dosen IPB: Diet Intermittent Fasting, Turunkan Berat Badan Lebih Sehat

Ikut program akselerasi sejak SD hingga SMP

Ia mengaku, berkat program akselerasi yang diikuti di masa sekolah, dapat mengantarkannya menjadi mahasiswa termuda saat ini.

Hasna mengungkapkan, dia sudah menjalani program akselerasi sejak duduk di bangku SD dan SMP.

"Dulu umur tiga tahun sudah TK dan masuk SD memang belum berusia enam tahun," ungkap gadis berkelahiran 28 Maret 2007 itu.

Hasna menambahkan, sebelum diterima di ITS melalui jalur Seleksi Mandiri, dia juga mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) namun gagal.

Baca juga: Siswa, Yuk Kenali Kelebihan dan Kelemahan Generasi Z

Gagal SBMPTN, Hasna lolos seleksi mandiri ITS

Putri pasangan Yustisia Katrini dan Teddy Tresna Indrapraja ini tetap berusaha dengan mencoba beberapa jalur seleksi masuk yang lain. Salah satunya seleksi Mandiri ITS.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.