Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2022, 20:59 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengukuhkan sebanyak 5.893 mahasiswa baru dari jenjang sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4) yang diadakan di lapangan upacara depan Gedung Perpustakaan ITS, Senin (8/8/2022).

Dari ribuan mahasiswa baru ITS, ada sosok Hasna Nur Shadrina yang dinobatkan sebagai mahasiswa termuda tahun akademik 2022/2023.

Gadis asal Tangerang ini berhasil lolos menjadi mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan ITS tepat pada usia 15 tahun 5 bulan.

Hasna mengaku tidak menyangka dapat diterima di kampus ITS melalui jalur Seleksi Mandiri. Apalagi saat dinobatkan sebagai mahasiswa termuda ITS angkatan 2022/2023. Dia mengira, pasti akan ada mahasiswa baru yang lebih muda darinya.

"ITS merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia, jadi pasti banyak diincar teman-teman muda Indonesia," urai Hasna seperti dikutip dari laman ITS, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Dosen IPB: Diet Intermittent Fasting, Turunkan Berat Badan Lebih Sehat

Ikut program akselerasi sejak SD hingga SMP

Ia mengaku, berkat program akselerasi yang diikuti di masa sekolah, dapat mengantarkannya menjadi mahasiswa termuda saat ini.

Hasna mengungkapkan, dia sudah menjalani program akselerasi sejak duduk di bangku SD dan SMP.

"Dulu umur tiga tahun sudah TK dan masuk SD memang belum berusia enam tahun," ungkap gadis berkelahiran 28 Maret 2007 itu.

Hasna menambahkan, sebelum diterima di ITS melalui jalur Seleksi Mandiri, dia juga mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) namun gagal.

Baca juga: Siswa, Yuk Kenali Kelebihan dan Kelemahan Generasi Z

Gagal SBMPTN, Hasna lolos seleksi mandiri ITS

Putri pasangan Yustisia Katrini dan Teddy Tresna Indrapraja ini tetap berusaha dengan mencoba beberapa jalur seleksi masuk yang lain. Salah satunya seleksi Mandiri ITS.

"Saya tertarik pada pengelolaan limbah dan sampah, maka dari itu saya memilih Teknik Lingkungan ITS," imbuh Hasna.

Hasna menambahkan, saat bersekolah di SMA Harapan Bangsa Tangerang, dia juga memiliki rutinitas sama dengan siswa yang lainnya.

Selain mengikuti pembelajaran, Hasna juga aktif berorganisasi, memiliki hobi membaca dan melukis. Meski menjalani masa SMA di masa pandemi Covid-19 namun Hasna tetap menjalani semua kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh.

Ingin kuliah S2 di luar negeri

Bungsu dari dua bersaudara ini mengatakan, tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang telah diraihnya sebagai mahasiswa ITS.

Baca juga: Lowongan Kerja PT Djarum bagi Lulusan S1 Fresh Graduate, Ini Infonya

Karena kesempatan ini menjadi wadah pengembangan diri yang harus dimaksimalkan. Terlebih lagi, Hasna juga termasuk mahasiswa yang merantau ke Surabaya untuk mengikuti perkuliahan di ITS.

"Belum ada rencana yang spesifik ke depannya, tetapi ingin lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan dan melanjutkan S2 ke luar negeri," tutup Hasna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com