Kompas.com - 30/07/2022, 11:11 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu PTN terbaik di Indonesia, IPB University kembali meluncurkan inovasi terbaru. Usai sukses mengenalkan varietas padi IPB 3S, kini IPB meluncurkan varietas padi unggul baru yakni padi IPB 9G.

Adapun peluncuran dilaksanakan di Kampus Baranangsiang, Bogor pada Jumat (29/7/2022). Inovasi varietas IPB 9G ini menambah kontribusi IPB University bagi ketahanan pangan nasional.

Menurut Rektor IPB University, Prof. Arif Satria, IPB 9G adalah salah satu inovasi yang dapat menjadi solusi menghadapi persoalan pangan di lahan kering.

Baca juga: Inovasi Mahasiswa UB Optimalkan Pupuk untuk Padi

Inovasi ini melengkapi apa yang sudah dilakukan oleh IPB 3S dengan IPB 4S yang sudah diproduksi di 26 provinsi.

"Inovasi varietas IPB 9G ini menambah kontribusi IPB University bagi ketahanan pangan nasional," ujarnya dikutip dari laman IPB.

Total 9 varietas padi

Sampai saat ini tercatat IPB University telah mengeluarkan total 9 varietas padi. "Semoga hal ini dapat menjadi menginspirasi. Mari kita menunjukkan bahwa perguruan tinggi terus bergerak yg memiliki gagasan dan solusi," imbuh Prof. Arif.

Sementara Kepala LPPM IPB University, Dr. Ernan Rustiadi mengatakan, inovasi hasil penelitian ini layak untuk langsung disebarluaskan ke khalayak.

Ini mengingat hasilnya yang sangat signifikan dan menjanjikan. Terlebih dalam situasi-situasi saat ini.

Menurut dia, dunia saat ini sedang mengalami krisis pangan. Beberapa negara mengalami inflasi sangat tinggi.

"Indonesia sendiri harus bersyukur, lebih dari dua setengah tahun kita tidak mengimpor beras. Ini bagian dari keberhasilan negara kita," ungkapnya.

Baca juga: Mahasiswa Itera Inovasi Filter Air Bersih Berbahan Limbah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.