Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademisi IPB Beberkan 7 Strategi Menabung bagi Generasi Sandwich

Kompas.com - 10/07/2022, 12:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sejak kecil, kita sudah diajarkan untuk rajin menabung. Dengan menabung, maka dana yang terkumpul bisa digunakan untuk sesuatu di masa akan datang.

Tetapi, saat ini ada istilah generasi sandwitch. Generasi sandwich adalah kondisi ketika generasi muda (orang dewasa) harus membiayai dua generasi lainnya yaitu anak-anak dan generasi tua, disamping tentunya membiayai dirinya sendiri.

Artinya generasi muda tersebut selain membiayai diri sendiri dan pasangannya, juga membiayai anak-anaknya serta orang tua atau mertuanya.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Lho Manfaat Menabung Sejak Dini

Dengan demikian generasi sandwich memiliki beban finansial yang lebih besar dari pada generasi muda pada umumnya yang hanya membiayai diri sendiri dan keluarga intinya.

Terkait hal itu, Dr. Istiqlaliyah Muflikhati selaku Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (IKK Fema) IPB University memberikan penjelasan.

Menurutnya, jika berada dalam posisi ini, hal yang terpenting adalah adanya perencanaan dalam pengelolaan keuangan. Salah satu bentuknya adalah dengan menabung.

"Sebenarnya menjadi generasi sandwich itu dianggap beban atau tidak tergantung dari mindset kita," ujarnya dikutip dari laman IPB University, Jumat (8/7/2022).

Sebab, jika dianggap beban akan menjadi beban. Sebaliknya jika dianggap sebagai ibadah, maka akan terasa ringan atau biasa saja.

"Kalau memberi nafkah kepada anak dan istri merupakan suatu kewajiban dan nafkah yang paling utama menurut agama, maka memberi nafkah kepada orang tua, juga tidak kalah utamanya karena merupakan salah satu perwujudan bakti kepada orang tua," terangnya.

Baca juga: Dosen Unair: 6 Tips Olah dan Simpan Daging yang Benar

Tak hanya itu saja, jika anak dapat memberi nafkah kepada orang tua, maka akan memperlancar rizki. Kuncinya adalah memiliki perencanaan keuangan yang baik sejak muda.

Di samping generasi sandwich (daging di antara dua roti), sekarang juga masih banyak generasi muda yang masih menggantungkan hidupnya kepada orang tuanya (daging di atas dua roti).

"Hal tersebut seharusnya tidak terjadi, jika sejak muda sudah melakukan manajemen keuangannya dengan baik, salah satunya dengan rutin menabung," jelasnya.

Strategi menabung

Maka dari itu, dibutuhkan strategi dalam menabung, yakni:

1. Mengganti paradigma dari “menabung itu kalau ada sisa” menjadi “pendapatan harus disisihkan dulu untuk tabungan, baru untuk pengeluaran lainnya”.

Jadi, kuatkan tekad untuk menyisihkan sebagian (10 persen atau berapa saja) setiap memperoleh pendapatan untuk ditabung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com