Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2022, 10:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Seiring perkembangan teknologi, lapangan pekerjaan juga semakin beragam. Maka dari itu, dibutuhkan skill khusus dari calon pekerja.

Kandidat dengan skill yang berhubungan dengan teknologi memang semakin dicari oleh perusahaan. Namun, tak hanya itu karena ada beragam jenis hard dan soft skill yang juga tetap dibutuhkan di tahun 2022.

Apa saja contohnya? Melansir laman Career Center Unika Atma Jaya, Rabu (29/6/2022), ini hard skill paling dibutuhkan 2022.

Baca juga: Ini 5 Digital Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan

Hard skill menurut Investopedia adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan ditingkatkan melalui beragam latihan atau pendidikan.

Selain itu, hard skill juga berhubungan langsung dengan pekerjaan yang dijalani. Karena itu, hard skill yang dibutuhkan di tiap jenis bidang pekerjaan cukup berbeda.

Misalnya, hard skill yang dibutuhkan untuk berkarier di bidang IT dan marketing tentunya tidak sama.

Hard skill paling dibutuhkan 2022

1. Analisis data

Menjadi analisis data tidak hanya perlu dipahami oleh mereka yang bekerja di industri teknologi. Saat ini penting bagi setiap karyawan di industri apa pun, agar memahami data dan cara menganalisisnya.

Data memang telah menjadi bagian penting dari banyak perusahaan. Dari data-data tersebut dapat digunakan untuk mengambil keputusan-keputusan penting bagi perusahaan.

Itulah mengapa analisis data kini menjadi salah satu jenis hard skill yang perlu dipelajari. Pasalnya, kebutuhan akan data akan terus meningkat hingga beberapa tahun mendatang.

Baca juga: Lulusan SMA Jangan Minder, Ini 7 Pekerjaan Bergaji Besar

2. Literasi teknis

Pada 2022, pekerjaan akan lebih bergantung dengan komputer dan teknologi lainnya. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki literasi mengenai teknologi.

Tidak perlu harus memahami semua hal tentang teknologi. Namun, paling tidak pahamilah apa saja tools yang digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

Contohnya, kamu bekerja sebagai seorang sales, maka harus mengetahui apa saja jenis tools sales yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, selalu cari tahu juga contoh tools terbaru yang bisa berguna untuk menunjang pekerjaan. Dengan selalu update, pastinya kamu bisa bertahan di tengah lingkungan kerja yang kompetitif.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com