Kompas.com - 22/05/2022, 14:41 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini ada banyak pekerjaan yang membutuhkan karyawan. Tak hanya bagi lulusan D3/S1 tetapi lulusan SMA juga masih dibutuhkan suatu perusahaan.

Apakah kamu lulusan SMA? Jangan minder! Karena ada banyak lowongan kerja untuk lulusan SMA, baik di perusahaan swasta, BUMN, atau multinasional.

Melansir laman KitaLulus, Senin (9/5/2022), berikut ini dijelaskan mengenai 7 pekerjaan bagi lulusan SMA.

Baca juga: 9 Pekerjaan dengan Gaji Besar di Indonesia, Fresh Graduate Wajib Tahu

Adapun dari pekerjaan di bawah ini berpotensi menghasilkan gaji besar, bahkan menjanjikan jenjang karir yang bagus.

1. Penulis

Untuk menjadi seorang penulis, kamu bahkan tidak perlu memiliki pendidikan tinggi. Kuncinya hanya kamu rajin membaca dan tidak lelah belajar dari apa yang kamu baca.

Biasanya, posisi penulis diremehkan karena banyak perusahaan yang memberi upah penulis dengan rendah. Namun, jika kamu menekuninya dengan sungguh-sungguh, kamu bisa mendapatkan penghasilan tinggi.

Sebut saja penulis keren seperti Raditya Dika, Ika Natassa hingga Dewi Lestari yang menulis fiksi dan mendapatkan royalti hingga puluhan juta dalam sekali terbit.

Tak hanya itu saja, gaji penulis website di Indonesia bisa mencapai Rp 300 ribu sampai Rp 10 juta per bulan. Tanpa ada permintaan latar belakang pendidikan spesifik. Asal kamu bisa menulis sesuai kemauan klien, kamu akan dibayar sesuai kapasitasmu.

2. Pengajar bimbingan belajar

Kini, ada banyak siswa-siswi SD, SMP, bahkan SMA yang membutuhkan tambahan belajar. Tidak semuanya mengikuti bimbel di suatu lembaga, tetapi juga mempekerjakan pengajar bimbel lepas.

Bagi kamu yang ingin menekuni bidang pendidikan, menjadi pengajar bimbel adalah salah satu opsi pekerjaan untuk lulusan SMA yang bisa diambil.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.