Kompas.com - 27/07/2022, 21:42 WIB

KOMPAS.com - Guna mendorong mahasiswa Sarjana Terapan menjadi lulusan yang kompeten dan siap kerja, Universitas Padjadjaran (Unpad) secara resmi mewajibkan seluruh mahasiswa program Sarjana Terapan untuk mengikuti uji sertifikasi kompetensi sebagai salah satu syarat kelulusan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Arief S. Kartasasmita. Ia menjelaskan, sertifikasi kompetensi menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa Sarjana Terapan.

Kewajiban tersebut telah tertuang dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 3350/UN6.RKT/Kep/HK/2022.

“Kita mendorong lulusan Unpad siap bekerja karena sudah ada sertifikasi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi dan masyarakat pekerjaannya,” ungkap Prof. Arief dilansir dari laman Universitas Padjadjaran.

Baca juga: 7 Beasiswa S1-S3 ke Jepang, Tunjangan hingga Rp 17 Juta Per Bulan

Selain berisi tentang kewajiban, Surat Keputusan tersebut juga berisi tentang kebijakan Unpad dalam memberikan subsidi biaya uji sertifikasi kompetensi mahasiswa.

Subsidi sebesar Rp 1 juta per mahasiswa akan diberikan untuk satu kali pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi.

Prof. Arief mengatakan, subsidi tersebut diberikan untuk pelaksanaan sertifikasi utamanya yang disesuaikan dengan luaran pembelajarannya.

Setiap program studi vokasi di Unpad telah memiliki capaian pembelajaran lulusan. Capaian ini menjadi satu kekhasan dan cerminan dari kompetensi yang akan diperoleh lulusan.

Kendati demikian, Unpad juga mendorong lulusan Sarjana Terapan untuk mendapatkan sebanyak mungkin sertifikasi di dalam pendidikannya yang dapat diakui oleh dunia usaha dan dunia industri. Ke depan berbagai sertifikasi pendukung akan difasilitasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi.

Baca juga: 16 PTN-BH Bertemu di UI, Bahas Peluncuran Dana Abadi Perguruan Tinggi

Saat ini, Unpad tengah mengembangkan LSP P1, atau lembaga sertifikasi profesi yang melakukan asesmen untuk peserta didik di lembaga induknya dan jejaring kerja lembaga induknya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.