Kompas.com - 27/07/2022, 21:09 WIB

KOMPAS.com - Pimpinan Universitas Indonesia (UI) bersama perwakilan dari 15 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) membahas persiapan sosialisasi peluncuran dana abadi untuk 16 PTNBH.

Dana abadi yang diluncurkan kepada 16 PTN-BH akan digunakan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi dengan mengembangkan riset, melaksanakan pengabdian masyarakat, dan meringankan beban biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa.

Pembahasan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Rektor UI Prof. Ari Kuncoro beserta jajarannya dan perwakilan 15 PTN-BH.

Baca juga: Fakultas Teknik UI Punya 9 Smart Classroom, Ruang Kelas Modern-Interaktif

Perwakilan 15 PTN-BH yang hadir merupakan Wakil Rektor Bidang Keuangan dari masing-masing perguruan tinggi, meliputi Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Negeri Padang.

Prof. Ari menyampaikan, terdapat perubahan dalam dinamika institusi pendidikan. Perubahan tersebut terkait dengan pengelolaan dana abadi.

Menurut Prof. Ari, meski memiliki visi dan misi yang berbeda, pada prinsipnya semua perguruan tinggi negeri bertujuan sama, yaitu menjadi world class university.

“Untuk mencapai tujuan itu, seluruh pihak, baik pimpinan, dosen, pegawai, mahasiswa, maupun sivitas universitas, harus memiliki engagement di internal dan eksternal (alumni, industri, dan pemerintah). Pembangunan engagement inilah yang akan mengantarkan institusi menjadi world class university,” kata Prof. Ari dikutip dari laman Universitas Indonesia.

Baca juga: Lulusan S1 Mau Jadi Guru? Kemendikbud Buka 40.000 Kuota Calon Guru di PPG

Sementara itu, Vita Silvira menambahkan, dana abadi ini adalah dana yang dibentuk oleh universitas dengan tujuan untuk menghimpun sejumlah dana yang akan dikelola secara khusus.

"Sehingga hasil dari pengelolaan dana tersebut dapat digunakan untuk mendukung Tridarma Perguruan Tinggi tanpa mengurangi nilai pokok dana tersebut," ujarnya.

Dalam mengelola dana abadi, PTN-BH diharapkan mampu memaksimalkan anggaran tersebut untuk kepentingan universitas dengan membangun solusi, strategi, dan analisis kebijakan.

Guna mewujudkan PTN-BH menjadi world class university seperti MIT, dibutuhkan kerja sama dari para stakeholder, sivitas akademika, alumni, dan seluruh masyarakat untuk membangun tujuan bersama, yaitu melaksanakan program dana abadi.

Selain membahas dana abadi, pertemuan tersebut sekaligus sebagai bentuk silaturahmi untuk memperkuat hubungan UI dengan kampus PTN-BH.

“Karena pada dasarnya sebuah institusi tidak bisa berjalan sendirian, perlu adanya teamwork dan kolaborasi dari berbagai pihak. PTNBH ini merupakan salah satunya,” kata Vita.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.