Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Ini 5 Buah Langka Indonesia yang Lezat dan Kaya Manfaat

Kompas.com - 17/07/2022, 14:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia yang berada di wilayah tropis menyimpan aneka jenis buah-buahan. Tapi, ada beberapa buah yang sudah mulai jarang ada atau jadi buah langka.

Jadi, tidak semua orang akan menjumpai buah-buahan tersebut. Kira-kira buah apa saja itu? Apakah siswa sudah paham?

Melansir akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), Kamis (14/7/2022), ini 5 buah langka Indonesia yang lezat dan kaya manfaat.

Baca juga: Sejarah Bank Indonesia, Siswa Sudah Paham?

Buah langka Indonesia

Buah Gandaria

Ternyata, pohon gandaria yang ditetapkan sebagai flora identitas Provinsi Jawa Barat ini memiliki karakteristik seperti pohon mangga karena masih tergolong satu famili.

Selain buahnya, biji buah dan daun gandaria memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti, melembapkan dan menutrisi kulit, memperlancar sistem pencernaan hingga membantu menurunkan berat badan.

Meski memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, namun dalam mengonsumsinya tentu perlu diimbangi dengan pola hidup sehat.

Buah Jamblang

Adapun buah langka Indonesia lainnya ialah buah jamblang. Buah ini menyerupai buah anggur, berwarna ungu kehitaman dan rasanya agak asam.

Tapi, ada banyak manfaat dan khasiat dari buah ini. Seperti, meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, menyeimbangkan kadar gula darah, menurunkan risiko anemia hingga sebagai pewarna alami untuk makanan.

Baca juga: Ini Tips Mengelola Buah dan Sayur dari Ahli Gizi UGM

Buah Ciplukan

Buah yang kecil ini saat matang sempurna, memiliki rasa yang manis dan lezat. Selain namanya yang unik, buah ini memiliki manfaat luar biasa, mulai dari daun, akar hingga buahnya.

Untuk akar, ciplukan memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, akar dan batang ciplukan bisa mengobati diabetes melitus.

Sedangkan buahnya bisa untuk mengobati gusi berdarah karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Buah Dewandaru

Sedangkan buah dewandaru memiliki banyak nama sesuai daerahnya, seperti blimbing londo, cerme asam.

Buahnya yang berwarna merah mengandung banyak vitamin dan nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, B2, dan B3 sehingga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Buah Kecapi

Sementara buah langka Indonesia berikutnya ialah kecapi. Buah eksotis ini tumbuh subur di Asia Tenggara dan beberapa wilayah di Amerika Selatan.

Buah kecapi berbentuk bulat, dengan daging berwarna putih (sekilas mirip manggis). Tidak hanya lezat, kecapi memiliki kandungan gizi beragam dan bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: 6 Tips Menyimpan dan Mengonsumsi Buah-Sayur ala Dosen UGM

Seperti, menurunkan kolesterol jahat, membantu mengatasi gangguan pencernaan hingga menurunkan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com