Kompas.com - 07/07/2022, 06:07 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Manusia tidak akan pernah lepas dari telepon genggam (HP). Bahkan, HP menjadi benda pertama yang dipegang saat orang bangun tidur.

Saat masih mengantuk atau belum sepenuhnya sadar, seseorang pasti membuka HP untuk mengecek media sosial (medsos) maupun aplikasi lainnya.

Baca juga: Sering Minum Kopi? Ini 5 Dampaknya Kata Pakar Kesehatan UM Surabaya

Meski memiliki fungsi yang luar biasa, tapi HP juga memiliki efek negatif saat digunakan secara berlebihan.

Dilansir Times Now News, study dari IDC menujukkan sekitar 80 persen pengguna HP kerap memeriksa apa yang ada di dalam perangkat mereka selama 15 menit setelah bangun tidur di pagi hari.

Menurut Dosen Psikologi UM Surabaya Fety Khosianah, ada beberapa dampak yang ditimbulkan jika seseorang terlalu sering mengecek hp setelah bangun tidur pagi.

Dampak pertama, bisa menempatkan seseorang dalam situasi yang penuh tekanan.

Dengan banyaknya pesan yang masuk melalui berbagai aplikasi, seperti whatsApp maupun surat elektronik, membuat seseorang semakin bingung harus merespons yang mana terlebih dahulu.

"Hal ini bukanlah cara yang tepat untuk memulai hari, mengingat fakta bahwa seseorang akan melihat banyaknya pesan dari berbagai aplikasi, dan membuat terganggu untuk memulai hari dengan pikiran yang tenang dan nyaman," ucap dia melansir laman UM Surabaya, Rabu (6/7/2022).

Dampak kedua, sebut dia, dapat memicu pola makan yang buruk.

Saat pagi hari seseorang melihat banyaknya pesan yang masuk di HP, melihat postingan orang lain yang mungkin lebih bahagia, hal tersebut bisa berujung pada sikap membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Baca juga: UGM Berikan Akses untuk 74 Persen Mahasiswa Kelas Menengah ke Bawah

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.