Kompas.com - 07/07/2022, 05:27 WIB
|

KOMPAS.com - Beberapa hari ini, kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Bahkan data dari situs Covid19.go.id, kasus Covid-19 per 6 Juli 2022 ini mencapai 2.743 kasus positif.

Karena itu, pemerintah mengimbau pada masyarakat yang belum vaksin booster agar segera vaksin booster. Selain itu, masyarakat juga harus tetap menjaga imun tubuh.

Terkait hal itu, Pakar Keamanan Pangan Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Ir. Endang Sutriswati Rahayu, M.S., menjelaskan terkait pentingnya menjaga imun tubuh.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Anak

Menurutnya, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, maka harus makan makanan segar atau yang diproses minimal setiap hari.

"Sedapat mungkin mengolah sayur dengan proses yang minimal, misalnya dimasak tumis (ditumis) serta jumlah yang dimasak secukupnya saja," ujarnya dikutip dari laman Pusat Studi Pangan dan Gizi (PSPG) UGM.

Hal ini untuk menghindari pemanasan ulang makanan sisa, saat mau dimakan. Pemanasan berkali-kali akan merusak vitamin-vitamin yang penting.

Adapun sumber karbohidrat yang biasa dikonsumsi adalah nasi putih, namun kini masyarakat juga mulai mengonsumsi nasi merah. Nasi hitam yang diperkirakan memiliki antioksidan lebih banyak.

Untuk sumber karbohidrat yang lain adalah ubi yang juga mudah di dapat di pasar, seperti singkong, ubi jalar, ubi talas, ubi ungu, kentang.

Sumber protein nabati, berupa tahu dan tempe sudah menjadi makanan pokok kita sehari-hari. Sumber protein hewani, seperti telur dan ayam saat ini, juga sudah menjadi menu sehari hari mendampingi tahu dan tempe.

Baca juga: Siswa, Ini 5 Jenis Makanan Peningkat Imun Tubuh

"Sekali-sekali dalam seminggu, sebaiknya ditambah sumber protein yang lain, yaitu daging 1-2 kali seminggu, ataupun ikan 2-3 kali seminggu," terang Prof. Endang Sutriswati Rahayu yang juga pernah menjabat Kepala Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM (Periode 2019-2022).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.