Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Rein, Wisudawan Termuda Unpad Lulus Kedokteran 3,5 Tahun

Kompas.com - 07/06/2022, 15:39 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pada 2018 lalu, Rein Vidya Banafsha tercatat sebagai mahasiwa baru termuda yang diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) melalui jalur SBMPTN.

Kini, Rein mendapatkan predikat sebagai wisudawan termuda dengan usia 19 tahun 4 bulan pada Upacara Wisuda Gelombang III Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (7/6/2022).

Rein lulus dari FK Unpad pada Februari 2022. Ia berhasil menyelesaikan studi Sarjana dengan waktu 3,5 tahun.

“Perasaannya senang banget jadi wisudawan termuda, (mudah-mudahan) bisa menginspirasi orang,” ujar Rein seperti dikutip dari laman Unpad.

Baca juga: Unpad Buka Pendaftaran S1 Jalur Prestasi dan Jalur Internasional 2022

Rajin atur waktu

Perempuan asal Tasikmalaya, Jawa Barat ini mantap memilih program studi Kedokteran Unpad di pilihan pertama. Gayung bersambut, ia pun diterima menjadi mahasiswa Unpad pada usia 15 tahun 10 bulan.

Sejak duduk di bangku SMP, Rein sudah mengikuti kelas percepatan. Ia pun menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu dua tahun.

Masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, Rein juga mengikuti kelas percepatan dan kembali lulus dalam dua tahun. Diterima di FK Unpad dengan usia yang cukup belia, Rein sempat berpikir bahwa kuliah di Kedokteran sangat berat.

Secara perlahan, ia mencoba menikmati masa-masa kuliahnya.

“Lumayan susah belajar di FK, tetapi kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua,” imbuhnya.

Kondisi pandemi Covid-19 memaksa Rein dan mahasiswa Unpad lainnya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2022: UI, UGM, ITB

Ada perbedaan signifikan antara kuliah tatap muka dengan kuliah daring. Tantangan terbesarnya ketika harus melakukan praktikum.

“Praktik online jadi lebih kurang (menangkapnya), karena lebih menempel kalau offline,” jelasnya.
Tantangan lainnya adalah harus rajin mengatur waktu dan mengerjakan tugas secara mandiri.

“Kalau dulu waktu offline, biasa ketika ada tugas bisa mengerjakan bareng-bareng bersama teman. Kalau online jadi tantangan tersendiri,” kata Rein.

Meski demikian, Rein berhasil melewati masa studi Sarjananya dengan baik.

Selanjutnya, ia akan menempuh Pendidikan Profesi Kedokteran untuk mendapatkan gelar dokternya. Ia pun mantap untuk melanjutkan studinya ke pendidikan Spesialis.

“Terima kasih Unpad sudah berjasa dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak harapan bangsa. Semoga Unpad bisa makin maju dan terjaga nama baiknya,” kata Rein.

Baca juga: KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN-PTS 2022 Dibuka, Kuliah Gratis sampai Lulus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com