Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Buka Pendaftaran S1 Jalur Prestasi dan Jalur Internasional 2022

Kompas.com - 06/06/2022, 15:06 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak jalan menuju Universitas Padjadjaran (Unpad) bagi calon mahasiswa tahun ajaran 2022-2023. Dua jalur yang bisa kamu coba setelah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 ialah jalur prestasi dan jalur internasional (International Undergarduate Program/IUP).

Pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Prestasi dibuka hingga 30 Juni 2022, sedangkan SMUP Jalur Internasional gelombang II dibuka hingga 17 Juni 2022.

Ketua Panitia SMUP Unpad, Anas menjelaskan, SMUP Sarjana Jalur Prestasi terbuka bagi lulusan SMA/MA/SMK dengan tahun kelulusan 2022 yang memiliki prestasi di bidang sains, olahraga, seni, maupun keagamaan.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2022: UI, UGM, ITB

Kriteria prestasi

Ada sejumlah yang ditetapkan oleh Unpad. Kriteria prestasi pertama, peserta minimal meraih juara III pada kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek, baik di bidang olahraga, seni, budaya, sains, maupun kompetisi lainnya.

Beberapa di antaranya, seperti olimpiade sains tingkat provinsi, nasional, dan internasional, festival/lomba seni siswa tingkat provinsi dan nasional, olimpiade penelitian siswa, Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI), National Schools Debating Championship (NSDC), dan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional.

Kriteria selanjutnya, yaitu peserta minimal meraih juara I di bidang seni dan olahraga yang diselenggarakan tingkat provinsi dan/atau minimal juara III dalam kejuaraan tingkat nasional maupun internasional.

Kegiatan yang diikuti merupakan kegiatan resmi yang diselenggarakan pemerintah daerah, pemerintah pusat, ataupun lembaga resmi dan bereputasi.

Selain itu, Jalur Prestasi juga terbuka bagi penghafal kitab suci maupun prestasi keagamaan lainnya.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI, UGM, Undip, Unpad Jalur Mandiri 2022

Harus ikut UTBK-SBMPTN 2022

Penilaian jalur prestasi menggunakan data prestasi akademik serta data prestasi yang dilampirkan. Untuk prestasi akademik menggunakan basis UTBK-SBMPTN dan nilai rapor dari semester 1 – 5.

Karena itu, calon peserta SMUP Sarjana Jalur Prestasi wajib telah mengikuti UTBK-SBMPTN 2022.

“Jika memiliki prestasi dengan kriteria itu, silakan segera mendaftar,” kata Anas seperti dilansir dari laman Unpad.

Lebih lanjut Anas memaparkan, pembukaan SMUP Sarjana Jalur Prestasi bertujuan untuk melakukan orientasi terkait minat dan bakat mahasiswa.

Mahasiswa yang diterima di jalur prestasi akan terus dilakukan pembinaan sesuai dengan prestasi dan minat yang digeluti.

“Pembinaan ini diharapkan bisa mengangkat nama Unpad di level nasional maupun internasionalnya. Kami dukung kegiatan prestasi mereka maupun kegiatan akademiknya,” kata Anas.

Nantinya, mahasiswa yang berhasil diterima wajib untuk membuat surat pernyataan kesanggupan untuk aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun kegiatan kemahasiswaan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com