Jadi Kampus Pencetak Para Pendiri Startup, Binus Tawarkan Entrepreneurship Track

Kompas.com - 07/06/2022, 14:08 WIB

KOMPAS.com - Tak kalah dengan perguruan tinggi di luar negeri, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia juga berhasil mencetak para pendiri startup sukses.

Bila melihat penelitian tahun 2017 lalu yang dilakukan oleh iPrice Group bersama dengan Venturra, yakni salah satu perusahaan investasi (venture capital), ada sejumlah kampus di Indonesia yang sukses melahirkan para pendiri startup.

Penelitian tersebut membandingkan 50 lebih perusahaan rintisan dan 100 lebih pendiri untuk menganalisa latar belakang pendidikan mereka.

Parameter “sukses” yang digunakan di penelitian ini adalah pendiri dari perusahaan rintisan yang minimal sudah mendapatkan pendanaan seri-A.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Dari hasil penelitian ini, iPrice Group bersama dengan Venturra, mendapatkan bahwa ITB menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pencetak pendiri startup sukses terbanyak.

Dari 100 orang lebih pendiri yang dianalisa, 14 orang pernah mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Bandung.

Para pendiri Bukalapak, seperti Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Muhamad Fajrin Rasyid sama-sama berasal dari Institut Teknologi Bandung.

Selain itu, ada juga COO dari Kudo yang telah diakuisisi Grab Agung Nugroho, CEO Snapcart Raynazran Royono, Co-Founder Fabelio Marshal Tegar Utoyo dan masih banyak lagi.

Bina Nusantara dan Harvard sama-sama berada di posisi kedua. Kedua universitas ini mencetak 8 pendiri sukses.

Beberapa founder startup yang berasal dari Bina Nusantara adalah William Tanuwijaya (Tokopedia), Edy Budiman (Dewaweb), Kevin Osmond (Printerous), Michael Jovan Sugianto (TaniHub), Jeff Hendrata (Karta.id), Jefriyanto dan Ricky Winata (Payfazz), dan banyak lagi yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.