Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Ketua DPR: Indonesia-Tiongkok Kembali Perkuat Beasiswa Kuliah

Kompas.com - 07/06/2022, 14:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Tiongkok terus berjalan dengan baik. Bahkan kini beasiswa kuliah juga bakal berlanjut lagi.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar saat menerima kunjungan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Lu Kang, Senin (6/6/2022).

Dalam pertemuan itu, Gus Muhaimin menegaskan mengenai hubungan kedua yang telah berjalan lama dan produktif serta menindaklanjuti berbagai kerja sama yang sudah berjalan.

Baca juga: Komisi X DPR RI Terima Masukan APTISI Terkait Permasalahan PTS

Salah satunya beasiswa yang akan kembali berjalan setelah kondisi Covid-19 kini mulai kondusif saat ini.

"Hari ini duta besar yang baru tiga bulan ini datang menemui saya, untuk menindaklanjuti berbagai kerja sama yang sudah berjalan," ujarnya dikutip dari laman DPR RI.

Kerja sama itu, lanjut Gus Muhaimin, baik antar parlemen di Indonesia dengan Tiongkok dan antar partai-partai politik di Indonesia dengan Tiongkok.

Terlebih mengenai beasiswa kuliah, beasiswa yang telah lama terjalin antara Indonesia dengan Tiongkok akan diperbanyak lagi.

"Beasiswa studi S1 akan diperbanyak untuk Indonesia yang ingin belajar ilmu-ilmu tertentu atau semua ilmu yang ada di universitas-universitas di Tiongkok," terangnya.

Dengan adanya kerja sama beasiswa, bagi Gus Muhaimin menjadi momentum untuk belajar manajemen pengelolaan politik di Tiongkok.

Baca juga: Komisi X DPR RI: 191 Pemda Belum Mengusulkan Formasi Guru PPPK

Pihaknya sendiri sangat terbuka untuk memberikan dukungan kepada Duta Besar untuk lebih bekerjasama lagi dan menyiapkan program-program, seperti:

1. pertukaran pelajar

2. pertukaran politisi

"Tentunya untuk saling belajar di Indonesia maupun di Tiongkok," papar Gus Muhaimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com