Kompas.com - 24/05/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com – Majalah Mata Air mengadakan acara Halal Bihalal 1443H (19/5/2022) bertajuk “Sinergi Bersama bagi Literasi Bangsa” dengan mengundang para tokoh nasional yang merupakan dewan penasihat, penulis, dan relasi majalah.

Sebagai informasi, Mata Air merupakan majalah yang terbit tiga bulan satu kali dengan konten sains, budaya, dan spiritualitas.

Hadir dalam acara tersebut para dewan penasihat Mata Air, di antaranya;

  • Cak Nun (Budayawan),
  • Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas Yarsi)
  • Prof. Suharyadi (Rektor Universitas Dian Nusantara),
  • Prof. Ilza Mayuni (Guru Besar UNJ)
  • Buya Taufiq Ismail (Sastrawan) 
  • Lutfi Zuhdi (Warek UI)
  • Prof. Amany Lubis (Rektor UIN Jakarta).

Turut hadir beberapa beberapa penulis atau relasi Mata Air seperti Prof. Riri Fitri Sari (Guru Besar UI), Misyal Bahwal, Fitra, Arys Hilman, Muh. Iqbal Santosa, dan Syahruddin El-Fikri (Republika Penerbit).

"Adapun tujuan dari diadakannya acara ini adalah sebagai sarana silaturahim dan upaya Mata Air untuk bersinergi bersama para tokoh Indonesia dan penulis yang memiliki visi sama demi perbaikan literasi bangsa," jelas Astri Katrini Alafta, Pemimpin Redaksi Mata Air melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (23/5/2022).

Astri berharap ke depan kegiatan membaca dan menulis dapat menjadi lebih lekat dalam kehidupan masyarakat, mengingat Indonesia menempati urutan ke-64 dari 70 negara dalam hal minat baca (PISA 2018).

Baca juga: Siswa Maluku Diberi Pelatihan Literasi Digital, agar Waspada Hoaks

 

PISA (Programme for International Student Assessment) adalah penilaian internasional tiga tahunan yang diselenggarakan oleh Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (Organization for Economic Cooperation and Development – OECD) untuk mengukur kemampuan anak-anak usia 15 tahun di bidang membaca, matematika dan sains.

Wadah dialog keilmuan

Pembacaan puisi dalam 3 bahasa yang dibawakan oleh Penyair Nasional Buya Taufiq Ismail dalam Bahasa Indonesia, Prof. Amany Lubis dalam Bahasa Arab serta Bapak Cumhur Cil dalam Bahasa Turki.DOK. MAJALAH MATA AIR Pembacaan puisi dalam 3 bahasa yang dibawakan oleh Penyair Nasional Buya Taufiq Ismail dalam Bahasa Indonesia, Prof. Amany Lubis dalam Bahasa Arab serta Bapak Cumhur Cil dalam Bahasa Turki.

Prof. Fasli Jalal, salah satu penasihat majalah Mata Air menyebutkan, sesuai dengan namanya Mata Air harus memikirkan bagaimana caranya agar dapat selalu menjadi sumber yang menyegarkan bagi bangsa Indonesia.

"Bisa menjadi bacaan dan karya di sekolah-sekolah, perpustakaan-perpustakaan universitas, dan ruang publik lainnya demi menghadirkan bacaan bermutu bagi masyarakat," harap Prof. Fasli Jalal.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.