Dukung Pemajuan Pendidikan, Eduversal Gelar Program Pengembangan Kecakapan Mengajar

Kompas.com - 24/05/2022, 14:18 WIB

KOMPAS.com - Yayasan Eduversal Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Fatih Indonesia menggelar sosialisasi program Development of Teaching Proficiency (DTP) jenjang Sekolah Dasar di Medan yang dilaksanakan pada 17-20 Mei 2022.

Sebagai informasi, DTP adalah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah. Acara ini merupakan implementasi dari Program Organisasi Penggerak (POP) yang dicanangkan Kemendikbud Ristek.

Mujiono, perwakilan Dinas Pendidikan Kota Medan memberikan apresiasi penyelenggaraan DTP di Kota Medan dan berharap Program Organisasi Penggerak dapat terlaksana dan menimbulkan dampak yang baik di dunia pendidikan.

Senada dengan itu, Bilman Gultom, Pendamping Lapangan POP meyakini, acara sosialisasi Program DTP POP Medan dapat terimplementasi dengan baik dengan kerjasama dan koordinasi semua pihak.

Direktur Eduversal Dwi Prajitno Wibowo kepada Kompas.com menyampaikan, pihaknya menyambut baik kepercayaan yang telah diberikan oleh Kemendikbu Ristek untuk menjadi salah satu Organisasi Penggerak terpilih.

"Yayasan Eduversal mengajukan sebuah program Development of Teaching Proficiency (DTP) yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru sesuai perkembangan dan tuntutan jaman," jelas Dwi.

"Program DTP ini bukanlah program yang sengaja kita adakan hanya untuk POP, melainkan sebuah program yang sudah kita jalankan selama bertahun-tahun terutama dengan sekolah Mitra," tambahnya.

Dwi juga menjelaskan, motivasi Eduversal Indonesia bergabung dalam POP adalah sebagai komitmen untuk terus berbagi praktek baik atas hal-hal yang sudah diimplementasikan dan dikembangkan bersama sekolah mitra Eduversal sehingga dapat ditularkan kepada sekolah-sekolah target yang tergabung dalam kegiatan POP.

"DTP POP adalah sebuah program yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dengan tujuan agar organisasi-organisasi non-pemerintah memberikan sharing positif kepada lingkungan," ungkap Dwi Prajitno Wibowo perwakilan dari Eduversal dalam sambutan acara.

Baca juga: Kemendikbud: 50.000 Guru Terlibat Program Organisasi Penggerak 2021

"Maka dalam hal ini Yayasan Eduversal menyelenggarakan program DTP agar dapat menularkan pengalaman positif selama puluhan tahun yang telah dilakukan dengan sekolah-sekolah mitra Eduversal kepada guru-guru sekolah target sasaran POP," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.