Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pemajuan Pendidikan, Eduversal Gelar Program Pengembangan Kecakapan Mengajar

Kompas.com - 24/05/2022, 14:18 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Yayasan Eduversal Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Fatih Indonesia menggelar sosialisasi program Development of Teaching Proficiency (DTP) jenjang Sekolah Dasar di Medan yang dilaksanakan pada 17-20 Mei 2022.

Sebagai informasi, DTP adalah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah. Acara ini merupakan implementasi dari Program Organisasi Penggerak (POP) yang dicanangkan Kemendikbud Ristek.

Mujiono, perwakilan Dinas Pendidikan Kota Medan memberikan apresiasi penyelenggaraan DTP di Kota Medan dan berharap Program Organisasi Penggerak dapat terlaksana dan menimbulkan dampak yang baik di dunia pendidikan.

Senada dengan itu, Bilman Gultom, Pendamping Lapangan POP meyakini, acara sosialisasi Program DTP POP Medan dapat terimplementasi dengan baik dengan kerjasama dan koordinasi semua pihak.

Direktur Eduversal Dwi Prajitno Wibowo kepada Kompas.com menyampaikan, pihaknya menyambut baik kepercayaan yang telah diberikan oleh Kemendikbu Ristek untuk menjadi salah satu Organisasi Penggerak terpilih.

"Yayasan Eduversal mengajukan sebuah program Development of Teaching Proficiency (DTP) yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru sesuai perkembangan dan tuntutan jaman," jelas Dwi.

"Program DTP ini bukanlah program yang sengaja kita adakan hanya untuk POP, melainkan sebuah program yang sudah kita jalankan selama bertahun-tahun terutama dengan sekolah Mitra," tambahnya.

Dwi juga menjelaskan, motivasi Eduversal Indonesia bergabung dalam POP adalah sebagai komitmen untuk terus berbagi praktek baik atas hal-hal yang sudah diimplementasikan dan dikembangkan bersama sekolah mitra Eduversal sehingga dapat ditularkan kepada sekolah-sekolah target yang tergabung dalam kegiatan POP.

"DTP POP adalah sebuah program yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dengan tujuan agar organisasi-organisasi non-pemerintah memberikan sharing positif kepada lingkungan," ungkap Dwi Prajitno Wibowo perwakilan dari Eduversal dalam sambutan acara.

Baca juga: Kemendikbud: 50.000 Guru Terlibat Program Organisasi Penggerak 2021

"Maka dalam hal ini Yayasan Eduversal menyelenggarakan program DTP agar dapat menularkan pengalaman positif selama puluhan tahun yang telah dilakukan dengan sekolah-sekolah mitra Eduversal kepada guru-guru sekolah target sasaran POP," ujarnya.

Pemajuan pendidikan Indonesia

Dalam kesempatan sama, Sabar Risdadi, perwakilan Yayasan Fatih Indonesia mengungkapkan, program DTP memiliki keunggulan dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar sehingga memungkinkan diterapkan guru dan kepala sekolah di sekolah mereka masing-masing.

Selanjutnya acara DTP digelar di sekolah Prestige Bilingual School selama tiga hari pada 18-20 Mei 2022 bertempat di SD Prestige Bilingual School dan melibatkan 20 peserta guru dan 10 peserta kepala sekolah dari 10 sekolah sasaran se-kota Medan.

Materi yang dibawakan dalam kegiatan DTP ini antara lain; Kepemimpinan dalam Pendidikan Era 4.0 dan Schoolwide Enrichment Model for Reading (SEM-R) untuk kepala sekolah dan materi tentang Social Emotional Learning (SEL) dan Schoolwide Enrichment Model for Reading (SEM-R) untuk guru.

Dwi juha menyampaikan, Program POP ini sebenarnya sebagai salah satu pintu dari sekian banyak pintu yang Eduversal buka dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Program Organisasi Penggerak Dorong Transformasi Pendidikan

 

"Harapannya ke depan adalah akan semakin banyak sekolah-sekolah peserta POP yang mampu benar-benar menjadi sekolah penggerak dan memiliki visi dan misi pendidikan yang benar benar fokus pada pengembangan pendidikan berkualitas," ujar Dwi.

"Sehingga ke depannya tentu saja Eduversal dengan tangan terbuka memberikan kesempatan untuk sama-sama berbagi praktik baik demi kemajuan pendidikan Indonesia," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com