Kompas.com - 24/05/2022, 14:14 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat penggunaan teknologi semakin luas, baik untuk kegiatan belajar mengajar, sistem sekolah, hingga perusahaan dan organisasi pemerintah.

Namun, perkembangan teknologi yang kian pesat, kerap tak diimbangi oleh ketersediaan talenta digital. Indonesia sendiri diprediksi kekurangan 9 juta talenta digital hingga tahun 2030.

Guna memenuhi kebutuhan talenta digital, di samping meningkatkan kualitas SDM untuk berkarier di bidang teknologi, Google Indonesia menghadirkan sejumlah program, salah satunya program beasiswa "IT Support Fresh Graduate Academy" yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo).

Baca juga: Kedubes AS Buka Pertukaran Pelajar bagi Mahasiswa dan Lulusan S1, Segera Daftar

Mengapa IT Support?

Meski teknologi dapat memudahkan, sering kali, terjadi kendala ketika komputer rusak, sistem gagal, atau telepon mati, membutuhkan seorang ahli untuk memperbaikinya atau IT Support.

IT Support merupakan bidang tentang pemecahan masalah dan menyediakan layanan untuk pengguna, termasuk menyiapkan komputer untuk karyawan di perusahaan, sekolah atau instansi tertentu, mengawasi sistem komputer, dan men-debug setiap kali masalah muncul.

Berbagai pekerjaan yang tersedia untuk keahlian ini adalah sebagai Teknisi Help-desk, System Analyst, Support Specialist, Administrator Basis Data, Teknisi IT, User Computer Specialist, dan banyak lagi.

Alur karier IT Support telah disiapkan oleh Google untuk memberikan pelatihan mengenai kemampuan seorang ahli dalam menangani berbagai permasalahan IT di instansinya.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Pada pelatihan ini, peserta akan mendapatkan 5 kelas profesional, yaitu:

  1. Dasar-Dasar Dukungan Teknis (24 Jam)
  2. Seluk Beluk Jaringan Komputer (34 Jam)
  3. Sistem Operasi dan Anda: Menjadi Pengguna yang Berdaya (35 Jam)
  4. Administrasi Sistem dan Layanan Infrastruktur TI (28 Jam)
  5. Keamanan IT: Pertahanan terhadap Kejahatan Digital (29 Jam)

Cakupan

Program Digital Talent Scholarship merupakan beasiswa pelatihan gratis tanpa dipungut biaya, berikut cakupannya:

1. Certificate of Completion (Coursera)

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.