Kompas.com - 24/05/2022, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Manajer Divisi Rekrutmen Bank Indonesia, Yustitia Asri Ertaningrum membahas tentang peluang karier, jenjang karier, hingga Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Bank Indonesia dalam webinar Virtual ITB Integrated Career Days 2022, pekan lalu.

Sebelumnya, Asri menjelaskan tentang tujuan, visi, dan pilar utama dari Bank Indonesia yang perlu dipahami para pelamar kerja.

“Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki tujuan utama yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Bank Indonesia memiliki visi untuk menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan terbaik di antara negara emerging markets untuk Indonesia Maju,” papar Asri dilansir dari laman ITB.

Baca juga: Kedubes AS Buka Pertukaran Pelajar bagi Mahasiswa dan Lulusan S1, Segera Daftar

Ia menjelaskan sejumlah pilar utama tugas Bank Indonesia, di antaranya adalah menjaga stabilitas moneter, menjaga stabilitas sistem pembayaran, dan menjaga stabilitas sistem keuangan.

Sementara itu, bidang tugas di Bank Indonesia terbagi ke dalam lima bagian yaitu manajemen intern, sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, stabilitas sistem keuangan, market, dan moneter.

Cara bekerja di Bank Indonesia

Asri mengatakan, Bank Indonesia memiliki budaya kerja yang tertuang pada Nilai-Nilai Strategis (NNS) Bank Indonesia.

Nilai-Nilai Strategis Bank Indonesia terdiri dari lima nilai yaitu professionalism yang berarti bekerja dengan bertanggung jawab atas dasar kompetensi terbaik, excellence yaitu upaya untuk melakukan usaha yang terbaik dan menciptakan nilai tambah saat bekerja, public interest yaitu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, trust and integrity yaitu membangun kondisi saling menghormati, dan coordination and teamwork yang berarti membangun sinergi yang berkesinambungan.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Untuk bergabung dan bekerja sebagai karyawan bersama Bank Indonesia, lanjut Asri, ada empat jalur rekrutmen yang dimiliki Bank Indonesia.

Pertama ada jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM), general hire, contractual hire, dan multi-level entry/special hire.

Asri juga memaparkan bahwa jalur PCPM mirip dengan jalur Management Trainee yang ditujukan untuk menduduki kursi-kursi strategis di Bank Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.