Kedubes AS Buka Pertukaran Pelajar bagi Mahasiswa dan Lulusan S1, Segera Daftar

Kompas.com - 24/05/2022, 10:27 WIB

KOMPAS.com - Kedutaan Besar Amerika Serikat melalui Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) 2022 kembali membuka kesempatan fellowship bagi pelajar Indonesia atau lulusan S1 untuk menjalani program akademik singkat di Amerika Serikat dalam kurun waktu 5 minggu.

Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa atau lulusan sarjana (dalam kurun waktu lima tahun ke belakang), berusia antara 18-25 tahun.

Selama program beasiswa, peserta akan dilibatkan dalam salah satu dari tiga tema, yakni Keterlibatan Masyarakat, Isu Lingkungan, dan Kewirausahaan Sosial dan Pembangunan Ekonomi.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Cakupan

Wakil Atase Kebudayaan Kedubes AS, Mary Trechock menjelaskan bahwa beasiswa ini mencakup visa, tiket pesawat, penginapan, uang saku, uang sekolah, asuransi dan semua biaya yang berhubungan dengan kegiatan akademik selama program berlangsung.

Program yang akan berlangsung selama lima minggu ini terdiri dari serangkaian diskusi seminar, membaca, presentasi kelompok, dan perkuliahan.

Pembelajaran dan kegiatan kelas akan dilengkapi dengan perjalanan pendidikan, kunjungan lapangan, kegiatan kepemimpinan, dan peluang kegiatan sukarela dalam komunitas lokal.

Selama residensi akademik, peserta juga akan memiliki kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan pendidikan dan budaya di luar kelas.

Jika kondisinya memungkinkan, program beasiswa ini juga akan mencakup tur studi pendidikan ke daerah lain di Amerika Serikat, di mana peserta akan bertemu dengan organisasi lokal, organisasi di negara bagian, organisasi swasta, dan organisasi nirlaba yang bekerja di lapangan.

Baca juga: Mahasiswa UI Terbanyak Lolos IISMA 2022, Lanjut Kuliah ke Amerika hingga Eropa

Namun, jika program harus dilakukan secara virtual karena kondisi kesehatan, keselamatan, dan perjalanan masih menimbulkan tantangan yang signifikan, peserta akan terlibat dalam kegiatan serupa namun secara online dari negara asal.

Syarat peserta

Pemuda berusia 18-25 yang berstatus mahasiswa saat ini atau yang baru lulus dari universitas kurang dari lima tahun yang lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.