Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aplikasi Game Belajar Matematika Menyenangkan bagi Anak

Kompas.com - 23/05/2022, 12:43 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pelajaran matematika atau pelajaran berhitung bisa memberikan tantangan sendiri, baik bagi anak maupun orangtua dalam mengajarkannya.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Pusat Studi Internasional TIMSS di Boston College Amerika Serikat, dalam publikasinya yang berjudul Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015 International Result in Mathematics, terdapat 27 persen anak Indonesia yang duduk di bangku kelas 4 SD belum memiliki pengetahuan dasar yang cukup mengenai logika dan matematika.

Membiasakan anak berhitung dan memecahkan masalah matematika sejak berusia dini bisa menjadi langkah awal membiasakan anak dengan kegiatan berhitung sehingga lebih akrab dengan matematika.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Namun, di era perkembangan teknologi informasi yang maju dengan begitu pesat ini, banyak anak-anak yang justru sibuk bermain game online dan malah mengabaikan kegiatan lainnya.

Padahal, bila gadget dimanfaatkan dengan maksimal, ada banyak sekali aplikasi berbentuk game yang bisa membantu anak untuk berhitung dan mengerjakan operasi bilangan.

Berikut beberapa aplikasi belajar menghitung yang menyenangkan untuk anak dirangkum dari laman Zenius Education:

1. Endless Numbers

Aplikasi game online gratis belajar berhitung untuk anak yang pertama adalah Endless Numbers. Aplikasi yang sudah di-download oleh lebih dari 500 ribu orang ini diklaim cocok untuk anak berusia 3 hingga 8 tahun.

Berbeda dengan game belajar berhitung lain yang umumnya memiliki animasi hewan-hewan lucu, Endless Numbers justru menggunakan animasi dengan karakter monster yang menggemaskan.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

Lewat aplikasi tersebut, anak dapat belajar mengurutkan bilangan sebanyak mungkin. Selain itu, mereka juga akan diberi tantangan berupa operasi hitung penjumlahan maupun pengurangan.

Game belajar berhitung yang satu ini juga tidak dilengkapi skor, kompetisi dengan pemain lain, atau kata “game over” ketika kita salah memasukkan jawaban. Jadi, anak-anak bisa lebih santai ketika menggunakannya.

2. Preschool Math Games for Kids

Memberikan pelajaran berhitung bagi anak sebelum masuk sekolah dasar hingga di masa-masa awal pendidikannya tentu membutuhkan kesabaran ekstra.

Terlebih, mereka sedang asyik-asyiknya bermain sehingga biasanya kurang suka aktivitas serius seperti berhitung.

Aplikasi game belajar berhitung yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak berusia 4 hingga 7 tahun. Hal ini karena Preschool Math Games for Kids memuat berbagai ilustrasi menarik untuk belajar mengenal angka dan melakukan operasi hitung penjumlahan sekaligus pengurangan.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Asal Jember Jadi WNI Pertama Bekerja di Tesla Jerman

Selain itu, orangtua juga bisa mengenalkan bentuk-bentuk geometri, cara mengurutkan benda sesuai bentuk dan jumlah, dan perbandingan ukuran berbagai macam objek.

Aplikasi ini menyediakan banyak ilustrasi hewan seperti lebah, monyet, dan jerapah dengan warna-warna menarik. Tidak hanya itu, orangtua juga bisa mengajak anak-anak menyanyi menggunakan lagu-lagu anak dengan tema berhitung yang telah tersedia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com