Kompas.com - 23/05/2022, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Pilihan jurusan pada rumpun IPS atau sosial dan humaniora (soshum) kian beragam seiring dengan semakin beragamnya jenis pekerjaan.

Terlebih di tengah kemajuan teknologi, ada banyak pekerjaan-pekerjaan baru yang muncul dan membutuhkan sumber daya manusia yang tak sedikit.

Meski begitu, hingga kini ada sejumlah pekerjaan yang masih jadi favorit lulusan baru, termasuk lulusan dari jurusan IPS.

Jika kamu sudah yakin dengan pilihan jurusan IPS, maka persiapkan diri sebaik mungkin dari sekarang termasuk pilihan-pilihan karier yang cocok dengan jurusan tersebut. Berikut pilihan karier favorit anak IPS, merangkum laman platform edukasi Quipper Campus:

Baca juga: Cerita Mahasiswa Asal Jember Jadi WNI Pertama Bekerja di Tesla Jerman

1. Akuntan

Sebagai anak IPS, kamu tentu sudah cukup akrab dengan pelajaran Akuntansi maupun Ekonomi. Ini menjadi bekal yang bagus untuk langkah kamu bila ingin bekerja di bagian keuangan perusahaan.

Untuk menjadi akuntan, kamu harus menjalani pendidikan di Jurusan Akuntansi. Setelah lulus kuliah S1, kamu bisa menambah keahlian dengan mengambil kuliah profesi akuntan, yang biasanya selesai dalam 2 semester.

Setelah berprofesi sebagai akuntan, kamu bisa memilih karier yang lebih spesifik lagi misalnya sebagai akuntan publik, akuntan di perusahaan, akuntan pajak ataupun guru akuntansi di sekolah.

Untuk besaran nominal gaji akuntan berbeda-beda tergantung di mana kamu bekerja. Sebagai akuntan publik atau akuntan pajak kamu bisa menjadi konsultan dengan bayaran per jam.

Baca juga: Kisah Fawwaz, Siswa Madrasah yang Lolos di 5 Kampus Terbaik Dunia

2. Psikolog

Psikolog adalah pilihan karier jurusan IPS yang cukup banyak peminatnya. Kalau kamu tertarik, maka selepas SMA daftarkan diri ke Fakultas Psikologi dan selesaikan kuliah S1 terlebih dahulu untuk meraih gelar Sarjana Psikologi.

Setelah itu, bila ingin menjadi Psikolog, kamu harus melanjutkan pendidikan program profesi yang setara dengan S2 di Fakultas Psikologi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.